Kompas TV regional berita daerah

Relawan Covid-19 Bagiakan Jamu Gratis Keliling Desa

Kompas.tv - 30 September 2020, 13:01 WIB

KENDAL, KOMPAS.TV - Hampir setiap hari, Ibaningsih Suprapti warga Desa Trisobo Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal ini menghabiskan hari-harinya di pusat tanaman toga milik Desa untuk merawat dan mengembangkan tanaman herbal.

 

Relawan Covid-19 Desa ini sejak beberapa bulan terakhir tergerak untuk menjaga seluruh warga Desa dari penularan Covid-19 dengan mengkonsumsi jamu herbal untuk menjaga imunitas atau daya tahan tubuh.

 

Bersama belasan perempuan lain, dirinya mencoba meramu jamu dari bahan dasar serai, kunir, jeruk nipis, kapulaga, jahe, jinten hitam hingga gula aren, untuk diolah menjadi jamu herbal. Bahan-bahan tersebut dinilai murah meriah karena banyak ditemukan di pekarangan warga.

 

Setelah diolah menjadi jamu dengan alat sederhana, jamu tersebut dibagikan cuma-cuma ke setiap warga Desa guna menambah imun warga Desa Trisobo. Mereka bahkan rela berkeliling Desa untuk membagikan jamu tersebut sekaligus mengingatkan warga untuk terus menggunakan masker agar terhindar dari penularan Covid-19.

  

Meski sederhana, usaha yang dilakukan belasan relawan ini terus berjalan dan sudah mulai ditiru sejumlah warga secara pribadi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x