Kompas TV internasional kompas dunia

Anjing Pendeteksi Covid-19 Di Bandara Helsinki

Kompas.tv - 29 September 2020, 20:06 WIB
anjing-pendeteksi-covid-19-di-bandara-helsinki
Seekor anjing mengendus beberapa sample keringat pemumpang di Bandara Helsinki untuk mendeteksi Covid-19 (Sumber: South China Morning Post)
Penulis : Agung Pribadi

Helsinki, Kompas TV - Bandara Helsinki kini memiliki beberapa ekor anjing yang memiliki tugas khusus, yakni mengendus pasien covid-19.

Aturannya, bagi penumpang dari ruang kedatangan internasional, diminta masuk ke sebuah bilik. Disana, mereka diminta menyeka keringat dari tubuh mereka sendiri dengan sebuah lap khusus.

Lap kemudian ditaruh di sebuah kaleng. Lalu pelatih anjing meletakkannya bersama beberapa wadah kaleng lainnya, hingga anjing-anjing itu mengendusnya 

Sebagaimana dikutip dari South China Morning Post, Susanna Paavilainen,  Direktur Eksekutif Wise Nose, mengatakan,

“Pertama-tama, ada orang yang masuk ke ruang ini dan kami mengambil sampel yang disimpan dalam gelas kimia wangi. Dan saya akan menyebarkannya di depan anjing, di lintasan yang juga berisi sampel kontrol. Lalu anjing dapat mendeteksi sampel," ujarnya.

Anjing memberikan diagnosisnya dengan cara menggaruk, berbaring atau menggonggong, hingga ia mendapat hadiah camilan.

Para peneliti mengatakan mereka dapat mendeteksi kasus dalam hitungan detik dengan akurasi hampir 100%. Konon anjing ini dapat mencium virus corona bahkan sebelum pasien menunjukkan gejala.

Namun, para ilmuwan tak begitu yakin bagaimana anjing mendeteksi virus tersebut, tetapi bisa jadi itu adalah bau keringat.

Salah satu anjing greyhound dari Bandara Helsinki yang bernama Kössi, diketahui memiliki pengalaman yang cukup lama dalam mencari tanda-tanda penyakit dalam sampel medis.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.