Kompas TV internasional kompas dunia

Setengah Juta Hiu Akan Jadi Korban Vaksin Covid-19

Kompas.tv - 29 September 2020, 00:02 WIB
setengah-juta-hiu-akan-jadi-korban-vaksin-covid-19
Ilustrasi Hiu. (Sumber: AP Photo)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekitar setengah juta hiu akan menjadi tumbal untuk manusia demi mendapatkan vaksin virus Covid-19.

Pasalnya, salah satu bahan yang digunakan untuk memproduksi vaksin Covid-19 minyak alami yang dibuat dari dari hati hiu, atau disebut dengan Squalene.

Squalene saat ini digunakan sebagai bahan pembantu dalam pengobatan, atau bahan yang meningkatkan efektivitas vaksin dengan menciptakan respons imun yang lebih kuat.

Dikutip dari Sky News, Senin (28/9/2020), perusahaan farmasi Inggris GlaxoSmithKline saat ini menggunakan squalene hiu dalam vaksin flu.

GlaxoSmithKline mengatakan akan memproduksi satu miliar dosis untuk vaksin virus corona pada Mei tahun depan. Itu berarti sekitar 3.000 hiu dibutuhkan untuk mengekstrak satu ton squalene.

Shark Allies, sebuah kelompok yang berbasis di California, memperkirakan jika populasi dunia menerima satu dosis vaksin Covid-19 yang mengandung minyak hati, berarti sekitar 250.000 hiu yang akan dibunuh, atau tergantung pada jumlah squalene yang digunakan.

Jika dua dosis diperlukan untuk mengimunisasi populasi global, berarti ini akan meningkat menjadi setengah juta.

Baca Juga: Desember atau Januari Siap-Siap Suntik Vaksin Covid-19

Untuk menghindari ancaman populasi hiu, dikabarkan para ilmuwan sedang menguji alternatif dari squalene versi sintetis yang terbuat dari tebu yang difermentasi.

Stefanie Brendl, pendiri dan direktur eksekutif Shark Allies, berkata, "Memanen sesuatu dari hewan liar tidak akan pernah berkelanjutan. Terutama jika itu adalah predator teratas yang tidak berkembang biak dalam jumlah besar."



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x