Kompas TV internasional kompas dunia

HAM Papua Disinggung Vanuatu, Indonesia Balas Kritik Tegas

Senin, 28 September 2020 | 23:32 WIB

KOMPAS.TV - Di sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB, Indonesia kembali berseteru dengan Vanuatu, soal pelanggaran Hak Asasi Manusia atau HAM di Papua.

Ini adalah agenda yang berulang kali diangkat negara-negara pasifik dan senantiasa dijawab Indonesia dengan argumentasi kedaulatan dan pemenuhan hak-hak rakyat Indonesia.

Yang menyinggung adalah Perdana Menteri Republik Vanuatu, Bob Loughman. Katanya, dia membela rakyat pribumi Papua yang mengalami pelanggaran HAM.

Pernyataan Bob ditanggapi diplomat Indonesia, Silvany Austin Pasaribu. Silvany mengatakan bahwa Indonesia menghargai perbedaan dan HAM, termasuk meratifikasi konvensi penghapusan bentuk diskriminasi rasial.

Soal Papua selalu berulang dibahas di Sidang Umum PBB oleh negara-negara di pasifik sebagai bagian solildaritas.

Indonesia menekankan bahwa Papua adalah bagian dari kedaulatan Republik Indonesia. Sehingga pelanggaran hukum yang terjadi di Papua ditangani secara serius.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.

Editor : Christandi Dimas



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:01
BPOM AS (FDA) SETUJUI PENGGUNAAN OBAT REMDESIVIR UNTUK PASIEN KORONA   DUA SPESIES KEPITING BARU BERNAMA TYPHLOCARCINOPS ROBUSTUS DAN RAOULI DITEMUKAN DI AREA KERJA FREEPORT MIMIKA   KAPOLDA SULAWESI SELATAN IRJEN MERDISYAM SEBUT DEMO DI MAKASSAR DISUSUPI ALIANSI MAKAR   POLISI TANGKAP 13 ORANG YANG DIDUGA MERUSAK FASILITAS UMUM SAAT DEMO TOLAK UU CIPTA KERJA DI MAKASSAR, SULSEL   JALUR PENDAKIAN GUNUNG SLAMET VIA BAMBANGAN DIBUKA MULAI MINGGU, 25 OKTOBER 2020   WALI KOTA AMBON WAJIBKAN ASN DAN MASYARAKAT YANG INGIN MENEMUINYA HARUS TUNJUKKAN HASIL TES CEPAT KORONA   STAFSUS MENTERI BUMN ERICK THOHIR, ARYA SINULINGGA: VAKSIN KORONA UNTUK MENCEGAH BUKAN MENGOBATI   PER 14 OKTOBER, 155 PERUSAHAAN PEMINJAMAN DARING TERDAFTAR DI OJK   TERIMA STIMULUS DARI PEMERINTAH, BANDARA SOEKARNO-HATTA BEBASKAN "AIRPORT TAX" MULAI HARI INI   BNPB MINTA SEMUA KEPALA DAERAH BERSIAGA DI MALAM HARI GUNA ANTISIPASI ANCAMAN DAN DAMPAK BENCANA LA NINA   BNN SEBUT MODUS PENGEDARAN NARKOBA DI MASA PANDEMI DIKIRIM LEWAT BANTUAN SEMBAKO   SIANG INI, BARESKRIM POLRI GELAR PERKARA KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAKSAAN AGUNG   KETUM PBNU SAID AQIL SIROJ AKAN AJUKAN UJI MATERI UU CIPTA KERJA KE MK   JPU KPK MENDAKWA MANTAN SEKRETARIS MA NURHADI DAN MENANTU TERIMA SUAP DAN GRATIFIKASI SENILAI TOTAL RP 83 MILIAR