Kompas TV internasional kompas dunia

HAM Papua Disinggung Vanuatu, Indonesia Balas Kritik Tegas

Kompas.tv - 28 September 2020, 23:32 WIB
Penulis : Christandi Dimas

KOMPAS.TV - Di sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB, Indonesia kembali berseteru dengan Vanuatu, soal pelanggaran Hak Asasi Manusia atau HAM di Papua.

Ini adalah agenda yang berulang kali diangkat negara-negara pasifik dan senantiasa dijawab Indonesia dengan argumentasi kedaulatan dan pemenuhan hak-hak rakyat Indonesia.

Yang menyinggung adalah Perdana Menteri Republik Vanuatu, Bob Loughman. Katanya, dia membela rakyat pribumi Papua yang mengalami pelanggaran HAM.

Pernyataan Bob ditanggapi diplomat Indonesia, Silvany Austin Pasaribu. Silvany mengatakan bahwa Indonesia menghargai perbedaan dan HAM, termasuk meratifikasi konvensi penghapusan bentuk diskriminasi rasial.

Soal Papua selalu berulang dibahas di Sidang Umum PBB oleh negara-negara di pasifik sebagai bagian solildaritas.

Indonesia menekankan bahwa Papua adalah bagian dari kedaulatan Republik Indonesia. Sehingga pelanggaran hukum yang terjadi di Papua ditangani secara serius.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x