Kompas TV regional berita daerah

Pesona Gua Batu Sawar, Keindahan Wisata Alam di Hulu Sungai Tengah

Senin, 28 September 2020 | 23:14 WIB

HULU SUNGAI TENGAH, KOMPAS.TV - Keindahan alam adalah potensi besar wisata di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Di Kabupaten dengan Ibu Kota Barabai ini, terdapat sejumlah lokasi wisata yang  masih jarang dikunjungi wisatawan.

Satunya diantaranya adalah Gua Batu Sawar.

Terletak di Kecamatan Batang Alai Timur yang berjarak sekitar 5 jam perjalanan dari Ibukota Kalimantan Selatan Banjarmasin, tempat ini bisa dituju.

Jauhnya perjalanan, akan terbayarkan dengan keindahan tebing tinggi hingga persawahan hijau dan bentangan alam belantara khas hutan Kalimantan yang menawan.

Baca Juga: Menikmati Ngabuburit Bersama Indahnya Alam Desa Nateh Pegunungan Meratus

Gua Batu Sawar berada di ketinggian sekitar 200 meter yang terletak di Bukit Sawar.

Dinamakan Gua Batu Sawar oleh masyarakat setempat, karena Gua tersebut menjadi lahan panen pupuk dari  kotoran Kelelawar.

Menuju ke Gua Batu Sawar, wisatawan harus menempuh jarak sejauh 1,14 Kilometer berjalan kaki.

Rute yang terjal dan melewati bebatuan akan mengantarkan langkah sampai mulut gua.

Perjalanan yang cukup melelahkan pun akan di sambut dengan keunikan arsitektur Gua, yang terukir secara alami dan memanjakan mata wisatawan.

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, wisatawan akan langsung disambut oleh mulut Gua Batu Sawar yang sangat lebar.

Bahkan saking lebarnya seisi Gua akan kelihatan hingga dua lobang yang menganga di atasnya, yang pada siang hari akan  menjadi tempat masuknya sinar matahari.

Baca Juga: Sang Pelindung Pegunungan Meratus, Kosim Tanam Puluhan Ribu Pohon

Mengabadikan momen dengan berswafoto, bisa menjadi kenangan pernah di tempat yang ini.

Seperti Gua pada umumnya Gua Batu Sawar juga dihuni oleh kelelawar.

Di Gua ini terdapat dua lorong yang bisa mengantarkan anda ke sisi lain dari gua.

Untuk meningkatkan potensi wisata lokasi ini semakin besar.

Tentunya diharapkan pengelolaan maksimal dari Pemerintah Daerah setempat.

Penulis : KompasTV Banjarmasin


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:38
POLISI SELIDIKI UNSUR PIDANA IZIN 2 PERUMAHAN DI LOKASI LONGSOR SUMEDANG   KPK PERPANJANG MASA PENAHANAN MANTAN MENTERI KP EDHY PRABOWO 30 HARI   KASUS PROYEK JEMBATAN WATERFRONT CITY, KPK DALAMI DUGAAN KETERLIBATAN EKS BUPATI KAMPAR JEFRY NOER   KASUS SUAP BANSOS, KPK DALAMI DUGAAN PEMBERIAN UANG KE SEJUMLAH PIHAK DI KEMENSOS   KOMPOLNAS MINTA PUBLIK TAK SALAH TAFSIRKAN PAM SWAKARSA YANG INGIN DIHIDUPKAN LAGI OLEH KOMJEN LISTYO SIGIT   FORMULA E 2021 RESMI DITUNDA, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN JAMIN "COMMITMENT FEE" RP 560 MILIAR TAK HILANG   OMBUDSMAN: ADA POTENSI KENAIKAN PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN DENGAN DIHAPUSNYA DENDA PROGRESIF   SATGAS COVID-19 MALUKU PASTIKAN FASILITAS KESEHATAN UNTUK PASIEN COVID-19 AMAN   KEMENKES: SEBANYAK 20.154 TENAGA KESEHATAN BELUM BISA DISUNTIK VAKSIN COVID-19   KEMENDAGRI MINTA PEMDA DUKUNG VAKSINASI COVID-19 LEWAT ALOKASI ANGGARAN APBD   JUBIR VAKSINASI: TENAGA KESEHATAN YANG TERDAFTAR SEBAGAI PESERTA VAKSINASI COVID-19 TAK LAGI TERIMA SMS   WAGUB JATIM EMIL DARDAK: KASUS COVID-19 DI JAWA TIMUR MELONJAK 3 KALI LIPAT   PEMPROV DKI SIAPKAN LAHAN 1,2 HEKTAR DI SRENGSENG SAWAH, JAKSEL, UNTUK PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN COVID-19   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL USUL DATA PENERIMA VAKSIN COVID-19 DIATUR PEMDA