Kompas TV regional berita daerah

Pesona Gua Batu Sawar, Keindahan Wisata Alam di Hulu Sungai Tengah

Senin, 28 September 2020 | 23:14 WIB

HULU SUNGAI TENGAH, KOMPAS.TV - Keindahan alam adalah potensi besar wisata di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Di Kabupaten dengan Ibu Kota Barabai ini, terdapat sejumlah lokasi wisata yang  masih jarang dikunjungi wisatawan.

Satunya diantaranya adalah Gua Batu Sawar.

Terletak di Kecamatan Batang Alai Timur yang berjarak sekitar 5 jam perjalanan dari Ibukota Kalimantan Selatan Banjarmasin, tempat ini bisa dituju.

Jauhnya perjalanan, akan terbayarkan dengan keindahan tebing tinggi hingga persawahan hijau dan bentangan alam belantara khas hutan Kalimantan yang menawan.

Baca Juga: Menikmati Ngabuburit Bersama Indahnya Alam Desa Nateh Pegunungan Meratus

Gua Batu Sawar berada di ketinggian sekitar 200 meter yang terletak di Bukit Sawar.

Dinamakan Gua Batu Sawar oleh masyarakat setempat, karena Gua tersebut menjadi lahan panen pupuk dari  kotoran Kelelawar.

Menuju ke Gua Batu Sawar, wisatawan harus menempuh jarak sejauh 1,14 Kilometer berjalan kaki.

Rute yang terjal dan melewati bebatuan akan mengantarkan langkah sampai mulut gua.

Perjalanan yang cukup melelahkan pun akan di sambut dengan keunikan arsitektur Gua, yang terukir secara alami dan memanjakan mata wisatawan.

Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang, wisatawan akan langsung disambut oleh mulut Gua Batu Sawar yang sangat lebar.

Bahkan saking lebarnya seisi Gua akan kelihatan hingga dua lobang yang menganga di atasnya, yang pada siang hari akan  menjadi tempat masuknya sinar matahari.

Baca Juga: Sang Pelindung Pegunungan Meratus, Kosim Tanam Puluhan Ribu Pohon

Mengabadikan momen dengan berswafoto, bisa menjadi kenangan pernah di tempat yang ini.

Seperti Gua pada umumnya Gua Batu Sawar juga dihuni oleh kelelawar.

Di Gua ini terdapat dua lorong yang bisa mengantarkan anda ke sisi lain dari gua.

Untuk meningkatkan potensi wisata lokasi ini semakin besar.

Tentunya diharapkan pengelolaan maksimal dari Pemerintah Daerah setempat.

Editor : KompasTV Banjarmasin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:08
BAWASLU DEPOK, JAWA BARAT, INGATKAN ASN UNTUK BERSIKAP NETRAL DI PILKADA 2020   MANTAN MENTERI KESEHATAN SITI FADILAH SUPARI BEBAS DARI PENJARA PAGI INI   POLISI TAHAN DUA TERSANGKA PENGEROYOKAN DUA ANGGOTA TNI OLEH KELOMPOK MOTOR HARLEY-DAVIDSON DI BUKITTINGGI, SUMBAR   KEMLU SEBUT ADA 5 KASUS BARU WNI TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI AUSTRALIA, TIMOR LESTE, DAN BELGIA   KEMLU: WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI 1.699 ORANG, 1.244 SEMBUH, 154 MENINGGAL, & 301 DALAM PERAWATAN   INGGRIS TERAPKAN PENGUNCIAN NASIONAL BARU MULAI RABU, 4 NOVEMBER-1 DESEMBER 2020, AKIBAT PANDEMI COVID-19   MENKEU SRI MULYANI MENGATAKAN KRISIS COVID-19 MENJADI KESEMPATAN PERKUAT FONDASI NEGARA   TIONGKOK LAPORKAN 33 KASUS BARU COVID-19   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19: JUMLAH KASUS AKTIF DI INDONESIA SEMAKIN MENURUN   KORBAN GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI BERTAMBAH MENJADI 24 ORANG MENINGGAL DAN 804 LUKA LUKA   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SIAPKAN 23.145 PETUGAS VAKSINASI   UNI EROPA DAN NATO MENYATAKAN SIAP MEMBERIKAN BANTUAN KEPADA TURKI DAN YUNANI YANG TERDAMPAK GEMPA BERMAGNITUDO 7   WAKIL KETUA MPR LESTARI MOERDIJAT MINTA MASYARAKAT DISIPLIN JALANKAN PROTOKOL KESEHATAN MESKI LIBURAN    KEPALA BIRO HUKUM DAN HUMAS MAHKAMAH AGUNG, ABDULLAH, MENINGGAL DUNIA