Kompas TV nasional sapa indonesia

Peneliti ITB: Ada Potensi Tsunami Besar di Selatan Pulau Jawa

Senin, 28 September 2020 | 22:34 WIB

KOMPAS.TV - Riset dari tim peneliti ITB mengungkap, adanya potensi tsunami besar, di Selatan Pulau Jawa.

BMKG mengimbau, agar masyarakat tidak panik, dalam menanggapi hasil penelitian tersebut.

Sebagai negara yang dikelilingi cincin api, Indonesia sering mengalami aktivitas kegempaan.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Bmkg, Rahmat Triyono mengimbau, agar masyarakat tidak panik, dalam menanggapi hasil penelitian tim peneliti Institut Teknologi Bandung akan potensi tsunami, di zona megathrust di Selatan Pulau Jawa.

Sebelumnya, peneliti dari ITB mengelola data gempa, yang tercatat oleh stasiun pengamat BMKG, dan global positioning system.

Hasilnya, ditemukan zona dengan aktivitas kegempaan relatif rendah, di selatan Pulau Jawa, yang berpotensi menjadi sumber gempa besar.

Kepada kompas.com, Ketua Tim Riset ITB, Sri Widiyantoro menyebut, "intinya hasil riset ini lebih untuk kesiapsiagaan, bukan prediksi,".

"hasil ini mendukung seruan, untuk penguatan sistem peringatan dini tsunami di Indonesia.”

Selama ini, gempa bumi sulit diprediksi kapan terjadinya.

Namun kini ada sistem peringatan dini, yang Dikembangkan Tim Peneliti Universitas Gajah Mada, untuk bisa mendeteksi, dan memberikan peringatan gempa.

Kepada Kompas.com, Ketua Tim Riset Laboratorium Sistem Sensor UGM, Sunarno menjelaskan, "dari sistem peringatan dini gempa yang kami kembangkan, bisa tahu 1 sampai 3 hari sebelum gempa.”

"untuk gempa besar di atas 6 SR, sekitar 2 minggu sebelumnya, alat ini sudah mulai memberikan peringatan."

Hasil penelitian yang menunjukkan potensi tsunami besar di Selatan Jawa, tidak seharusnya disikapi dengan kepanikan berlebihan.

Hal ini harus diwaspadai, dengan penguatan mitigasi, melalui tata ruang, dan sistem peringatan dini.

Editor : Aleksandra Nugroho



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:26
KKP SEBUT TELAH MELATIH 47.000 ORANG DALAM SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN SEPANJANG 2020   SATGAS COVID-19 INDRAMAYU TERBITKAN ATURAN PROTOKOL KESEHATAN SELAMA MASA PILKADA 2020   BPOM SEBUT TAK KESAMPINGKAN ASPEK KEAMANAN, KHASIAT, DAN MUTU DALAM PEMBERIAN PERSETUJUAN VAKSIN COVID-19   WAPRES MA'RUF AMIN MINTA MUSLIMAT NAHDLATUL ULAMA (NU) KEMBANGKAN UMKM   WAPRES MA'RUF AMIN HARAP MUSLIMAT NAHDLATUL ULAMA (NU) SEBARKAN AJARAN ISLAM MODERAT    SATGAS COVID-19 LUNCURKAN SISTEM BERSATU LAWAN COVID-19 UNTUK OPTIMALKAN OPERASI YUSTISI    CEGAH PRAKTIK PENYIMPANGAN KOPERASI, KEMENKOP DAN UKM MULAI TERAPKAN REFORMASI SISTEM PENGAWASAN KOPERASI   PERIKSA WISATAWAN, PEMPROV JAWA BARAT SIAGAKAN 54 TITIK TES CEPAT SELAMA LIBUR PANJANG    PT PUPUK INDONESIA TELAH SALURKAN 69 JUTA TON PUPUK BERSUBSIDI KEPADA PETANI   LIBUR PANJANG, DINAS PARIWISATA MAGETAN PERKETAT PROTOKOL KESEHATAN DI LOKASI WISATA   MENAG AJAK UMAT ISLAM PERBANYAK SELAWAT PADA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW   MAULID NABI MUHAMMAD SAW, PRESIDEN JOKOWI: KETELADANAN NABI MEMANDU MEMBANGUN INDONESIA MAJU   MENLU AS MIKE POMPEO YAKINKAN MASYARAKAT INDONESIA BAHWA PANDEMI COVID-19 DAPAT DILALUI BERSAMA   BUPATI BOGOR ADE YASIN TERIMA PENGHARGAAN PEREMPUAN PEJUANG DI MASA PANDEMI COVID-19 DARI KNPI PROVINSI JABAR