Kompas TV nasional update corona

26.500 Seniman Terdampak Corona Dapat Bantuan Rp 1 Juta Per Orang, Ini Syaratnya!

Kompas.tv - 28 September 2020, 22:01 WIB
26-500-seniman-terdampak-corona-dapat-bantuan-rp-1-juta-per-orang-ini-syaratnya
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan Sri Mulyani menggelontorkan anggaran Rp 26,5 miliar yang akan disalurkan kepada seniman yang terdampak pandemi Covid-19.

Melalui unggahan di akun Instagram resmi Kementerian Keuangan, ada 26.500 seniman yang nantinya akan mendapat bantuan ini.

Dari dana yang dianggarkan, setidaknya masing-masing seniman akan mendapat bantuan senilai Rp 1 juta.

"#Uangkita sebesar Rp 26,5 miliar dialokasikan untuk melindungi 26.500 pelaku budaya yang mata pencahariannya terdampak COVID-19. Melalui @KemendikbudRI pemerintah memberikan pembinaan agar pelaku budaya mampu mempublikasikan karya budayanya secara virtual," tulis keterangan tersebut, Jumat (25/09/2020).

Adapun kriteria penerima program bantuan ini, diantaranya adalah pelaku budaya yang tidak memiliki mata pencaharian selain kegiatan di bidang kebudayaan berhenti total atau berkurang signifikan akibat pandemi Covid-19.

Kemudian pelaku budaya yang memiliki penghasilan sebesar-besarnya Rp 5 juta per bulan sebelum pandemi juga bisa menerima bantuan ini.

Selain itu bagi pelaku budaya yang sudah berkeluarga dan memiliki penghasilan Rp 5 juta - Rp 10 juta per bulan sebelum wabah.

Adapun penerima bantuan ini adalah pelaku budaya yang sudah terdata oleh Ditjen Kebudayaan Kemdikbud pada 3-8 April 2020.

Penyaluran bantuan ini sudah dilakukan, setidaknya sudah ada 5.296 orang pelaku budaya yang telah mendapat bantuan.

Tercatat hingga minggu ketiga di bulan September, angaran sudah cair Rp 5,29 miliar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x