Kompas TV nasional pilkada serentak

Panglima TNI Minta Optimalkan Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Pilkada Serentak

Kompas.tv - 28 September 2020, 19:46 WIB
panglima-tni-minta-optimalkan-pendisiplinan-protokol-kesehatan-di-pilkada-serentak
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Sumber: Puspen TNI)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta jajarannya mengoptimalkan tugas yang diemban TNI terkait pendisiplinan protokol kesehatan, termasuk dalam Pilkada Serentak 2020.

Seperti diketahui, sesuai Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020, TNI mendapat amanat untuk ikut berperan serta dalam upaya pendisiplinan protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan Panglima TNI dalam rapat internal secara virtual dari Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Senin (28/9/2020).

Rapat sendiri beragendakan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 dan Tahapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020.

Rapat dihadiri oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan jajaran Pangkotama TNI.

"Laksanakan sosialisasi Pilkada Serentak tahun 2020 tanpa kerumunan dan pengerahan massa di bawah koordinasi Pokja Bawaslu dari tingkat pusat sampai daerah," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam keterangan resmi yang diterima Kompas TV.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Panglima TNI dan Kapolri Awasi Warga, Ada Apa?

Panglima TNI meminta jajarannya untuk melaksanakan koordinasi terkait pembentukan Posko Gabungan Terpadu.

Posko ini, kata Panglima, merupakan wadah koordinasi seluruh pemangku kepentingan dalam pengamanan pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak dan Penegakan Displin Protokol Kesehatan dalam penanganan pandemi Covid-19.

"Bangun koordinasi yang baik dengan Polri, Pemda dan instansi terkait," ucap Hadi.

Lebih lanjut, Panglima TNI meminta untuk terus membangun sinergitas dengan jajaran Polri dan instansi terkait dalam pelaksanaan Operasi Pendisiplinan Protokol Kesehatan.

"Intensifkan pendekatan berbasis kearifan lokal untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat sebagai modal utama mencapai keberhasilan operasi," tuturnya.

Namun begitu, Hadi Tjahjanto juga mengingatkan kepada prajurit TNI untuk lebih dulu berdisiplin dalam protokol kesehatan. Kedisiplinan prajurit TNI dan keluarga dalam menerapkan protokol kesehatan akan mencegah dan menekan terjadinya klaster keluarga dan perkantoran di lingkungan TNI.

Baca Juga: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Perintahkan Usut Motif Penyerangan Polsek Ciracas

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.