Kompas TV regional berita daerah

Peluang Usaha Beternak Perkutut Sistem Kawin Silang

Senin, 28 September 2020 | 19:23 WIB

MADIUN, KOMPAS TV - Perkutut yang merupakan salah satu burung piaraan dengan suaranya yang khas dan merdu, rupanya sangat mudah dibudidaya dengan potensi hasil yang menggiurkan. Seperti kisah sukses peternak perkutut dari Kota Madiun, Jawa Timur, yang berhasil meraup untung hingga puluhan juta rupiah dari beternak perkutut dengan sistem kawin silang.

Dihalaman belakang rumahnya, Suryono, warga Jalan Borobudur , Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur, ini menghabiskan hari-harinya bersama ratusan ekor burung perkutut piaraannya.

Berbagai macam jenis perkutut, mulai dari jenis lokal, bangkok, bali, serta perkutut putih ada disini. Sejak pensiun bekerja sepuluh tahun lalu, peternak perkutut ini mencoba membudidaya perkutut karena permintaan burung perkutut dan harga pasar yang menggiurkan, hingga sukses dengan sistem kawin silang.

Beternak perkutut tidak serumit beternak burung kicau pada umumnya. Perawatan beternak perkutut cukup rutin memberi minum dan pakan, pada setiap pasang indukan perkutut. Serta menyiapkan sarang untuk tempat bertelur.

Dikandang berukuran 15  x 2 meter ini, terdapat 78 pasang perkutut, persilangan dari berbagai jenis. Seperti persilangan antara indukan lokal dengan bangkok, persilangan indukan bangkok dengan indukan perkutut putih.

Umumnya para pecinta perkutut memilih burung perkutut dengan suara bervariasi dan panjang. Bahkan perkutut hasil budidaya Suryono ini hanya dijual seharga 200 hingga 250 ribu rupiah per ekor, tergantung jenis indukannya, yang saat ini telah banyak dipesan oleh perkutut mania lokal maupun luar daerah.

Dalam sebulan, Suryono biasa memanen 15 hingga 25 ekor anakan perkutut hasil kawin silang, dengan kualitas siap kontes atau siap mengikuti perlombaan burung perkutut.

#beritamadiun

#burungperkutut

#peluangusaha

#beternak

Editor : KompasTV Madiun



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Operasi Yustisi Gabungan

Senin, 26 Oktober 2020 | 16:36 WIB
Berita Daerah

Peringatan Maulid Nabi

Senin, 26 Oktober 2020 | 16:22 WIB
Berita Daerah

Ratusan Lapak Pedagang Dibongkar

Senin, 26 Oktober 2020 | 16:21 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
16:48
PEMKOT TANGERANG SELATAN CABUT IZIN OPERASI DELTA SPA SERPONG KARENA MELANGGAR KETENTUAN PSBB   SEBANYAK 573 ANAK DI WILAYAH PESISIR PANTAI TAK BERSEKOLAH, DISDIKBUD KOTA TEGAL DIRIKAN SEKOLAH LAUT   DINKES PURBALINGGA, JATENG: 2 ANGGOTA TIMSES CALON BUPATI MENINGGAL DUNIA AKIBAT POSITIF KORONA   PEMKOT DENPASAR MELARANG ASN KELUAR KOTA SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020 GUNA CEGAH PENYEBARAN KORONA   JELANG LIBUR PANJANG, 200 PERSONEL POLRESTABES BANDUNG DISIAGAKAN DI LOKASI MENUJU TEMPAT WISATA   POLRESTABES BANDUNG BUAT REKAYASA LALU LINTAS GUNA HADAPI LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020   POLRES CIANJUR, JABAR, MELARANG KENDARAAN BESAR LINTASI JALUR PUNCAK SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020    WALI KOTA TANGERANG MINTA WARGANYA TIDAK BEPERGIAN KE LUAR RUMAH SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020   JASA MARGA PREDIKSI 28 OKTOBER 2020 MERUPAKAN PUNCAK ARUS MUDIK LIBUR PANJANG DAN 1 NOVEMBER 2020 PUNCAK ARUS BALIK    PEMKOT DEPOK TERAPKAN PEMBATASAN SOSIAL KAMPUNG SIAGA (PSKS) DI 238 RUKUN WARGA   PRESIDEN JOKOWI MINTA ORGANISASI MASYARAKAT ISLAM DILIBATKAN DALAM SOSIALISASI VAKSIN COVID-19   PRESIDEN JOKOWI: HATI-HATI, JANGAN SAMPAI TERGESA-GESA INGIN VAKSINASI SEHINGGA STANDAR KESEHATAN DINOMORDUAKAN   PRESIDEN JOKOWI MINTA KEAMANAN VAKSIN COVID-19 SUDAH MELEWATI TAHAPAN UJI KLINIS YANG BENAR   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 3.222 KASUS BARU POSITIF COVID-19 HARI INI