Kompas TV regional berita daerah

Tolak Meterisasi Air, Warga Demo Kantor Desa

Senin, 28 September 2020 | 19:20 WIB

MADIUN, KOMPAS TV- Ratusan warga di Madiun, Jawa Timur, Senin pagi, mendatangi Kantor Desa setempat  menolak program meterisasi air bersih, yang merupakan rangkaian proyek pengadaan saluran air bersih, dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Madiun. Warga menolak karena kwatir sumber air bersih yang selama ini digunakan warga akan terganggu.

Ratusan warga Desa Blimbing, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mendatangi Kantor Desa setempat, sebagai bentuk penolakan terhadap meterisasi air bersih, yang sedang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Madiun.

Kedatangan warga ini, menyusul forum musyawarah yang diadakan pihak desa bersama perwakilan warda, Dinas PUPR dan Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun. Sayangnya, upaya musyawarah menemui jalan buntu.

Warga bersikeras menolak program pengadaan saluran air bersih, dengan nilai investasi 800 juta rupiah. Pasalnya, program tersebut dinilai akan mengganggu sumber air bersih yang selama ini menjadi sumber utama untuk keperluan warga. Warga menilai program meterisasi air bersih juga akan memberatkan warga, sebab sejak tahun 1997 lalu, warga telah mengolah air bersih secara gotong royong, dan saat ini cukup membayar iuran  tiga ribu rupiah perbulan untuk mendapatkan air bersih.

Di Desa Blimbing, tercatat sedikitnya 1000 kepala keluarga mengandalkan air bersih dari HIPAM, yang bersumber dari lereng Gunung Wilis.

#beritamadiun

#demo

#meterisasi

#saluranair

Editor : KompasTV Madiun



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:17
ARMENIA DAN AZERBAIJAN SEPAKAT GENCATAN SENJATA DALAM KONFLIK NAGORNO-KARABAKH   SINGAPURA HENTIKAN PENGGUNAAN 2 VAKSIN INFLUENZA SKYCELLFLU QUADRIVALENT DAN VAXIGRIPTETRA   ISRAEL MULAI UJI COBA KANDIDAT VAKSIN KORONA POTENSIAL TERHADAP MANUSIA PADA 1 NOVEMBER 2020   TIONGKOK GELAR TES KORONA SECARA MASSAL TERHADAP 4,75 JUTA WARGA XINJIANG SETELAH ADA 137 KASUS KORONA BARU   KEMENAG TENGAH MENYUSUN ATURAN BEBAS KORONA BAGI CALON JEMAAH UMRAH ASAL INDONESIA   POLRI SELIDIKI OKNUM BRIMOB YANG JADI PEMASOK SENJATA KELOMPOK KRIMINAL BERSENJATA (KKB) PAPUA   JENAZAH STAF KPU WONOGIRI YANG DITEMUKAN DI KAMAR HOTEL SOLO DIBAWA KE RSUD DR MOEWARDI SOLO UNTUK DIOTOPSI   SEORANG STAF KPU WONOGIRI DITEMUKAN MENINGGAL DI DALAM KAMAR HOTEL DI SOLO, JAWA TENGAH   KPU KOTA SEMARANG SEDIAKAN 3.447 ALAT BANTU HURUF BRAILE UNTUK PEMILIH PENYANDANG TUNANETRA   SEORANG ISTRI POLISI DI PENAJAM PASER UTARA, KALTIM, JADI TERSANGKA KASUS INVESTASI BODONG & ARISAN DARING RP 200 JUTA   DINKES CILACAP, JAWA TENGAH: 489 DARI 502 SANTRI DI CILACAP SEMBUH DARI KORONA    DEBAT PILKADA BALIKPAPAN, KALTIM, DIBATALKAN KARENA KETUA KPU BALIKPAPAN NOOR TOHA POSITIF TERINFEKSI KORONA   PT KAI: 83.000 TIKET KERETA API TERJUAL UNTUK LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020   PRESIDEN JOKOWI RILIS ATURAN BARU PENGELOLAAN PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) DEMI TEKAN PUNGLI