Kompas TV entertainment lifestyle

Harga Janda Bolong Tinggi, Pakar Unpad: Sebatas Permainan Dagang

Senin, 28 September 2020 | 12:05 WIB
harga-janda-bolong-tinggi-pakar-unpad-sebatas-permainan-dagang
Monstera atau tanaman Janda Bolong. (Sumber: KOMPAS.COM/Dian Reinis Kumampung )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Karantina selama pandemi menumbuhkan minat sebagian masyarakat terhadap tanaman hias. Pertumbuhan hobi ini pun diikuti dengan bertambahnya permintaan, hingga membuat harga beberapa tanaman hias kian mahal.

Akhir-akhir ini masyarakat dihebohkan dengan harga tanaman Janda Bolong atau Monstera Adansoni Variegata yang meroket hingga ratusan juta rupiah.

Harganya kini memang bisa mencapai ratusan juta. Bahkan, untuk Janda Bolong berukuran kecil saja, harganya mencapai Rp 6 jutaan. Lalu, jika ukurannya sudah cukup besar, tanaman hias ini akan dihargai per helai daun.

Fenomena serupa pernah terjadi beberapa tahun lalu saat tanaman Anthurium menduduki harga yang tak kalah mahal.

Baca Juga: Cara Merawat dan Keuntungan Memiliki Tanaman Janda Bolong di Rumah

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Syariful Mubarok mengatakan, tanaman hias berdaun indah ini termasuk dalam Familia Aracae. Syariful mengungkapkan, bentuk tanaman Monstera ini memiliki keindahan pada daunnya yang memiliki lubang. 

“Terkhusus pada jenis Variegata ini yang memiliki warna unik pada daun yaitu hijau putih, maka tidak heran dapat bernilai jual tinggi.” kata Syariful seperti dikutip dari laman resmi unpad.ac.id, Minggu (27/9/2020).

Editor : Dian Septina

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:15
ASOSIASI BULU TANGKIS THAILAND SIAP GELAR TURNAMEN TUR ASIA SUPER 1000 DAN BWF WORLD FINALS PADA JANUARI 2021   MANCHESTER UNITED AKAN MENJAMU ARSENAL DALAM PEKAN KE TUJUH LIGA INGGRIS PADA MINGGU, 1 NOVEMBER 2020   SUKARELAWAN PETUGAS PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA DI JAYAPURA PERTANYAKAN UANG LELAH YANG BELUM DIBAYAR   HINGGA 30 OKTOBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI NUSA TENGGARA TIMUR: 679 POSITIF, 498 SEMBUH, 7 MENINGGAL DUNIA   DINKES NTT: KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN (TTS), LEMBATA, ENDE, DAN SABU RAIJUA NIHIL KASUS KORONA   SEBANYAK 16 NARAPIDANA LAPAS KELAS II A PEKANBARU, RIAU, POSITIF TERINFEKSI KORONA, SEORANG DI ANTARANYA MENINGGAL   DINKES CIANJUR, JABAR: SELAMA PANDEMI KORONA, 40 TENAGA KESEHATAN DI CIANJUR TERINFEKSI COVID-19   BPBD SUKABUMI: 90 RUMAH DI DESA TUGUBANDUNG RUSAK AKIBAT DITERJANG PUTING BELIUNG, TIDAK ADA KORBAN JIWA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MENAIKKAN UMP JATENG 2021 MENJADI RP 1.798.979 ATAU NAIK 3,27% DARI UMP 2020 SEBESAR RP 1.742.015   DIREKTUR PENGUPAHAN KEMENAKER DINAR TITUS JOGASWITANI SEBUT 28 PROVINSI SETUJU UPAH MINIMUM 2021 TIDAK NAIK   JASA MARGA: VOLUME KENDARAAN DI RUAS TOL SOLO-NGAWI NAIK 57% SELAMA 27-29 OKTOBER 2020   PREDIKSI PUNCAK ARUS BALIK 1 NOVEMBER 2020, JASA MARGA IMBAU PENGGUNA TOL PULANG LEBIH AWAL   DITLANTAS POLDA METRO JAYA MENGKLAIM ADA PENURUNAN JUMLAH KECELAKAAN LALU LINTAS DI JAKARTA SELAMA LIBUR PANJANG   PT KAI: 30.470 PENUMPANG BERANGKAT DARI STASIUN GAMBIR, PASAR SENEN, & JAKARTA KOTA SELAMA 27-30 OKTOBER 2020