Kompas TV klik360 cerita indonesia

Mencicipi Nasi Uduk Warna Warni di Probolinggo

Senin, 28 September 2020 | 15:11 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Dapur Jamilah yang berada di kompleks pertokoan Katamso Square Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, tak pernah sepi pembeli. Sejak 2 bulan terakhir, rumah makan ini ramai dikunjungi warga.

Menu andalan yang diburu adalah nasi uduk warna-warni. Makanan khas betawi yang terbuat dari olahan nasi putih ini disajikan berbeda.

Indah Mustika, si pemilik rumah makan, menginisiasi nasi uduk warna-warni, merah jambu dan hijau. 

Proses pembuatannya tak jauh beda dengan nasi uduk kebanyakan. Nasi putih dicampur dengan rempah-rempah seperti pala, jahe, kayu manis, serai dan santan.

Namun ditangan Indah, nasi uduk dicampur daun suji dan daun pandan untuk menghasilkan warna hijau. Indah mengambil sari buah bit untuk mendapatkan warna merah jambu.

Nasi uduk warna-warni disajikan dengan pelengkap berupa kremesan, jeroan, sambal hijau, kemangi dan mentimun.

1 porsi nasi uduk warna-warni dijual dengan harga Rp 24.000,-. Dalam sehari Indah mampu menjual 100 porsi nasi uduk warna-warni.

Penasaran? Bagi anda yang berkunjung atau melintas di Kota Probolinggo, rasanya sayang jika melewatkan kuliner unik ini.

Editor : aryo bimo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:00
POLISI TEMUKAN 6 BOM MOLOTOV SAAT DEMO TOLAK UU CIPTA KERJA DI JALAN URIP SUMOHARJO, MAKASSAR, SULAWESI SELATAN   POLISI TANGKAP 169 ORANG YANG DIDUGA MELAKUKAN AKTIVITAS DI LUAR DEMO TOLAK UU CIPTA KERJA DI SURABAYA   PEMPROV BENGKULU: KEBIJAKAN KERINGANAN POKOK BBNKB DAN PEMBEBASAN DENDA PKB BERLANGSUNG HINGGA 11 DESEMBER 2020   BESOK, PENDAKIAN GUNUNG GEDE PANGRANGO, JAWA BARAT, KEMBALI DIBUKA   DISHUB KOTA TANGERANG AKAN MENAMBAH 5,6 KILOMETER JALUR SEPEDA PADA 2021   DISHUB KOTA TANGERANG: ADA 20 KILOMETER JALUR SEPEDA DI KOTA TANGERANG YANG TERBAGI DALAM 13 TITIK   MENKES TERAWAN AGUS PUTRANTO YAKIN TIDAK ADA RS YANG SENGAJA MENDIAGNOSA PASIEN MENINGGAL AKIBAT KORONA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MINTA WARGA JATENG DI PERANTAUAN TAK MUDIK SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020   SATGAS COVID-19 IMBAU MASYARAKAT TAK GEGABAH JIKA INGIN BERLIBUR KE LUAR RUMAH SAAT LIBUR PANJANG AKHIR OKTOBER 2020   SATGAS COVID-19 TEGASKAN KASUS KORONA DAN PENULARANNYA DI INDONESIA MASIH TINGGI   SATGAS COVID-19: PENGURANGAN AKTIVITAS DI KANTOR TURUNKAN POTENSI PENULARAN DAN KEMATIAN AKIBAT KORONA   BERTEMU PM YOSHIHIDE SUGA, PRESIDEN JOKOWI SEBUT JEPANG SIAP TERUS BEKERJA SAMA DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR   KEMENLU RI MENYATAKAN PEMERINTAH INDONESIA DAN JEPANG TELAH MENANDATANGANI KERJA SAMA DI BIDANG KESEHATAN   KEMENLU RI SEBUT INDONESIA DAN JEPANG AKAN BAHAS KERJA SAMA PENGATURAN KORIDOR PERJALANAN BISNIS