Kompas TV entertainment lifestyle

Cara Merawat dan Keuntungan Memiliki Tanaman Janda Bolong di Rumah

Kompas.tv - 27 September 2020, 18:10 WIB
cara-merawat-dan-keuntungan-memiliki-tanaman-janda-bolong-di-rumah
Monstera atau tanaman Janda Bolong. (Sumber: KOMPAS.COM/Dian Reinis Kumampung )
Penulis : Idham Saputra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Monstera atau Janda Bolong, tanaman hias ini sedang digandrungi karena tren. Harganya pun ikut melonjak drastis, disebut terjual hingga jutaan rupiah.

Bahkan, seperti diberitakan Kompas.com pada 5 September 2020, Monstera adansonii variegata ada yang terjual sampai Rp 95 juta-100 juta!

Tanaman Janda Bolong punya nama ilmiah Monstera adansonii. Selain itu, Janda Bolong juga dikenal dengan sebutan tanaman keju Swiss.

Baca Juga: Janda Bolong Laku Hingga Jutaan Rupiah, Penjual Tanaman Hias Ungkap Penyebabnya

Terkait harga tanaman monstera yang mencapai jutaan rupiah, tanaman hias ini memang memiliki beberapa jenis yang berbeda dengan tingkat perawatan yang berbeda pula, sehingga faktor ini sangat mempengaruhi harga.

"Mahal karena berbeda-beda jenis. Seperti (yang cukup mahal) Monstera veriegata. Coraknya putih hijau ada kekuning-kuningan, itu beda-beda jenisnya. Perawatan lebih susah, otomatis demand lebih tinggi, harga lebih tinggi lagi," jelas Juliana, penjual tanaman hias di Jakarta.

Tanaman ini juga digandrungi karena cocok sebagai penghias di dalam rumah sekaligus sebagai penyejuk. Ini karena monstera tak membutuhkan sinar matahari langsung.

Saat ini, monstera cenderung banyak dipakai sebagai dekorasi pelengkap pada beberapa konsep interior, seperti gaya minimalis dan Skandinavia.

Baca Juga: Monstera Jadi Gengsi, Untung Bisnisnya Nggak Main-main!

Lalu bagaimana cara merawat Monstera atau tanaman Janda Bolong?

Dikutip dari plantcareforbeginners.com via Kontan.co.id, berikut beberapa tips mudah merawat Janda Bolong.

1. Sesuaikan Cahaya Matahari



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x