Kompas TV nasional berita utama

Harta Gibran Rakabuming Kalah dengan Bobby Nasution, Selisih Rp 33,7 M

Kompas.tv - 26 September 2020, 16:02 WIB
harta-gibran-rakabuming-kalah-dengan-bobby-nasution-selisih-rp-33-7-m
Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO )
Penulis : Ade Indra Kusuma

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keputusan putra sulung Presiden Joko Widodo alias Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan sang menantu Bobby Nasution untuk nyemplung ke dunia politik memang menuai pro dan kontra.

Gibran Rakabuming yang dulunya memilih berbisnis martabak dan katering, tak pernah terlihat menginginkan kedudukan di panggung politik. Sang adik ipar, Bobby Nasution tak kalah mengundang perhatian.

Ya, Bobby Nasution juga memutuskan untuk mengikuti kontestasi politik, dengan menjajal peruntungan di Pilkada Medan.

Gibran Rakabuming  dan Bobby Nasution diketahui wajib menyetor Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) sebagai syarat untuk mengikuti pilkada.

Saat LHKPN Gibran Rakabuming dan Bobby disetor ke KPK, publik pun dibikin kaget. Pasalnya, sebagai pengusaha, kekayaan Gibran Rakabuming justru lebih sedikit dibanding sang adik ipar.

Dikutip dari laman elhkpn.kpk.go.id via Tribun Wow, Gibran Rakabuming tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 21.152.810.130.

Sedangkan kekayaan Bobby Nasution berjumlah Rp 54.861.280.543.

Ini berarti selisih kekayaan Bobby Nasution dan Gibran Rakabuming pun mencapai Rp 33,7 miliar loh!

Simak rinciannya!

Kekayaan Gibran Rakabuming

Kekayaan Gibran Rakabuming yang mencapai Rp 21 miliar itu terdiri dari lima bidang tanah yang tersebar di Sragen dan Surakarta, dengan nilai Rp 13,4 miliar. 

Selain tanah, Gibran Rakabuming juga tercatat memiliki delapan kendaraan bermotor dengan total nilai Rp 682 juta, yang terdiri dari 3 sepeda motor jenis Honda Scoopy, Honda CB-125, dan Royal Enfield.

Serta lima unit mobil, diantaranya 2 unit Toyota Avanza, Daihatsu Grand Max, Isuzu Panther, dan Mitsubishi Pajero Sport.

Suami Selvi Ananda ini juga tercatat memiliki harta bergerak lain senilai Rp 260 juta, kas dan setara kas senilai Rp 2.154.396.134, dan harta lain senilai Rp 5.552 milar.

Kendati memiliki kekayaan miliaran, Gibran Rakabuming juga tercatat memiliki utang senilai Rp 895.586.004.

Kekayaan Bobby Nasution

Berbeda dari Gibran Rakabuming, Bobby Nasution tercatat memiliki tanah yang lebih banyak, yakni delapan bidang tanah, yang tersebar di Jakarta, Deli Serdang, Medan, dan Surakarta, dengan total nilai Rp 34.175 miliar.

Selain itu, suami Kahiyang Ayu ini juga tercatat memiliki 6 unit kendaraan senilai total Rp 1,26 miliar, diantaranya mobil Toyota Kijang Innova, Mitsubishi Lancer, Honda Accord, Suzuki ST100, Nissan juke, dan sepeda motor Yamaha Mio.

Tak hanya itu, Bobby Nasution juga diketahui memiliki surat berharga senilai Rp 10,5 miliar, dan kas senilai Rp 8.926.543.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.