Kompas TV nasional update corona

Kemenkes Instruksikan Wisma Atlet Bongkar Puluhan Fasilitas ICU

Jumat, 25 September 2020 | 23:33 WIB
kemenkes-instruksikan-wisma-atlet-bongkar-puluhan-fasilitas-icu
Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta. (Sumber: Twitter/@EricHermansyah)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wisma Atlet membongkar fasilitas ICU yang dimilikinya. Dari 39 unit ICU, hanya disisakan lima untuk Wisma Atlet.

Pembongkaran tersebut merupakan perintah dari Kementerian Kesehatan. Alasannya, ada rumah sakit lain yang membutuhkan fasilitas ICU tersebut.

Padahal Wisma Atlet menangani jumlah pasien Covid-19 yang cukup besar.

Koordinator Operasional Wisma Atlet Kolonel Stefanus Dony mengakui adanya pembongkaran tersebut. Namun dia tidak menyebutkan jumlah fasilitas ICU yang akan dibongkar sesuai instruksi Kementerian Kesehatan.

"Memang pengalihannya adalah suatu keputusan melihat tren pasien yang ada di sini. Dihitung berdasarkan dari pengalaman sebelumnya. Akhirnya, diputuskan oleh Kemenkes perlu pengalihan beberapa set ICU ke rumah sakit lain yang lebih membutuhkan," ujar Stefanus saat dikonfirmasi mengenai pengalihan fasilitas ICU kepada Kompas TV, Jumat (25/9/2020).

Fasilitas ICU yang akan dibongkar, kata Stefanus, akan diberikan kepada rumah sakit yang ada di Jakarta. Stefanus belum bisa mengungkapkan rumah sakit mana yang akan mendapatkan pengalihan fasilitas ICU dari Wisma Atlet.

"Untuk rumah sakit mana saja, itu masih dirapatkan oleh mereka (Kemenkes)," kata Stefanus.

Penulis : Hariyanto Kurniawan


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:25
BMKG: BANJIR MANADO BUKAN TSUNAMI, TAPI WASPADAI POTENSI GELOMBANG TINGGI   TAMAN NASIONAL KOMODO TANGGUNG BIAYA PENGOBATAN ANAK BALITA YANG DIGIGIT KOMODO   BUPATI ACEH BARAT RAMLI MS SEBUT ADA SEJUMLAH KADES YANG DIDUGA KORUPSI DANA DESA HINGGA RP 15 MILIAR   MENTERI DESA PDTT ABDUL HALIM ISKANDAR SIAPKAN ANGGARAN RP 89,4 MILIAR UNTUK MEMBANGUN DESA WISATA PADA TAHUN INI   DINKES KALBAR TEGASKAN TIDAK AKAN KELUARKAN SURAT IZIN PRAKTIK TENAGA KESEHATAN YANG MENOLAK VAKSIN COVID-19   SEMUA KABUPATEN DAN KOTA DI KALIMANTAN TIMUR BERSTATUS ZONA MERAH COVID-19, BALIKPAPAN JADI EPISENTRUM PENULARAN   SULTAN HB X BAKAL PERPANJANG PEMBATASAN SECARA TERBATAS KEGIATAN MASYARAKAT JIKA WARGA DIY ABAI PROTOKOL KESEHATAN   POSITIF COVID-19, 8 SANTRI PONPES PUTRI COLOMADU, KARANGANYAR, DIISOLASI DI ASRAMA HAJI DONOHUDAN   KEMENTERIAN BUMN BANTAH ADA "CHIP" DI DALAM VAKSIN COVID-19   PEMKOT BOGOR, JABAR, MULAI OPERASIKAN RS DARURAT DI GOR PAJAJARAN   PEMKOT BEKASI BERUPAYA TAMBAH RUANG ICU UNTUK PASIEN COVID-19 DI BEBERAPA RSUD TIPE D   TIM DVI POLRI TELAH MENYERAHKAN 23 JENAZAH KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 KE PIHAK KELUARGA   TIM DVI POLRI: SUDAH 34 JENAZAH KORBAN SRIWIJAYA AIR SJ-182 YANG TELAH TERIDENTIFIKASI   DUA POLISI TERLUKA SAAT MELERAI TAWURAN ANTARA ANGGOTA GENG DI MANGGARAI, JAKARTA