Kompas TV nasional update corona

Kemenkes Instruksikan Wisma Atlet Bongkar Puluhan Fasilitas ICU

Kompas.tv - 25 September 2020, 23:33 WIB
kemenkes-instruksikan-wisma-atlet-bongkar-puluhan-fasilitas-icu
Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta. (Sumber: Twitter/@EricHermansyah)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wisma Atlet membongkar fasilitas ICU yang dimilikinya. Dari 39 unit ICU, hanya disisakan lima untuk Wisma Atlet.

Pembongkaran tersebut merupakan perintah dari Kementerian Kesehatan. Alasannya, ada rumah sakit lain yang membutuhkan fasilitas ICU tersebut.

Padahal Wisma Atlet menangani jumlah pasien Covid-19 yang cukup besar.

Koordinator Operasional Wisma Atlet Kolonel Stefanus Dony mengakui adanya pembongkaran tersebut. Namun dia tidak menyebutkan jumlah fasilitas ICU yang akan dibongkar sesuai instruksi Kementerian Kesehatan.

"Memang pengalihannya adalah suatu keputusan melihat tren pasien yang ada di sini. Dihitung berdasarkan dari pengalaman sebelumnya. Akhirnya, diputuskan oleh Kemenkes perlu pengalihan beberapa set ICU ke rumah sakit lain yang lebih membutuhkan," ujar Stefanus saat dikonfirmasi mengenai pengalihan fasilitas ICU kepada Kompas TV, Jumat (25/9/2020).

Fasilitas ICU yang akan dibongkar, kata Stefanus, akan diberikan kepada rumah sakit yang ada di Jakarta. Stefanus belum bisa mengungkapkan rumah sakit mana yang akan mendapatkan pengalihan fasilitas ICU dari Wisma Atlet.

"Untuk rumah sakit mana saja, itu masih dirapatkan oleh mereka (Kemenkes)," kata Stefanus.

Baca Juga: Sejumlah Fasilitas di Ruang ICU Wisma Atlet Dipindahkan ke RS Rujukan Corona Jakarta

Stefanus mengakui Wisma Atlet juga membutuhkan fasilitas ICU tersebut. Karena fungsinya untuk transisi pasien, dari kondisi dan menunjukkan gejala atau mengalami perburukan.

"ICU itu memang bagi kita secara teori harus ada memang. Namun, untuk persentase harus dilihat kembali. Walaupun kita untuk ringan dan sedang, tambah lagi OTG, kebutuhan ICU ini ya tetap tidak bisa tidak ada," tutur Stefanus.

Namun begitu Wisma Atlet harus mendukung keputusan Kementerian Kesehatan untuk mengalihkan fasilitas ICU ke rumah sakit lain di Jakarta.

"Apapun itu yang penting memang ICU kita berfungsi sebagai ICU transisi. Sehingga yang kita kerjakan, masih bisa menolong pasien yang menjadi berat," ujar Stefanus.

Sejauh ini Kompas TV belum mendapatkan konfirmasi dari pihak Kementerian Kesehatan atau Menteri Kesehatan Terawan mengenai pembongkaran ini.

Baca Juga: Wisma Atlet Kemayoran Dikabarkan Penuh Pasien Covid-19, Ini Faktanya...

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.