Kompas TV nasional sapa indonesia

Tangkal Resesi, Stafsus Menkeu: Serapan Pemulihan Ekonomi Capai 30 Persen

Kamis, 24 September 2020 | 22:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 hampir dipastikan mengalami resesi atau pertumbuhan di angka negatif.

Perkiraan itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat mengoreksi perkiraan pertumbuhan ekonomi kuartal ke-III di pekan terakhir bulan September ini.

Menurut Sri Mulyani, proyeksi pertumbuhan ekonomi akan membaik di akhir tahun meski masih berada di posisi negatif.

Sri Mulyani menyebut mobilitas warga di sektor ritel, farmasi, dan tempat wisata, menunjukkan perbaikan yang dapat digenjot dengan kehati-hatian pandemi Covid-19 .

Pertumbuhan ekonomi Indonesia terkoreksi cukup dalam sejak kuartal I sebesar 2,97, lalu terus menurun hingga -5,23 persen di kuartal II.

Pemerintah memperkirakan angka akan terdongkrak sedikit ke posisi -1,7 persen di kuartal III dan -1,7 hingga -0,6 di akhir tahun.

Kontraksi ekonomi terbesar dipengaruhi angka konsumsi rumah tangga yang diperkirakan -3 hingga -1,5 persen di kuartal III.

Sementara konsumsi pemerintah , terdongkrak signifikan di angka 9,8 hingga 17 persen lewat berbagai percepatan belanja program.

Sementara investasi masih mengalami tekanan -8,5 persen hingga -6,6 persen.

Dampak apa saja yang harus diantisipasi semua lapisan masyarakat dan sejauh mana strategi pemerintah menangkal resesi yang hampir dipastikan akan dialami hingga akhir tahun 2020?

Simak dialog bersama Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo, Sekretaris Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Raden Pardede, serta Ekonom Senior INDEF Enny Srihartati.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:46
BNPB MINTA DEPOK SEGERA ISOLASI PASIEN TANPA GEJALA COVID-19 DI LOKASI KHUSUS UNTUK CEGAH PENULARAN   BINTANG JUVENTUS CRISTIANO RONALDO DINYATAKAN SEMBUH DARI COVID-19 SETELAH JALANI TES USAP   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE MINTA KANDIDAT PILKADA BERKAMPANYE POSITIF DENGAN ADU GAGASAN & PROGRAM DI RUANG DIGITAL   KAPOLRES BUKITTINGGI SEBUT KASUS HUKUM PENGEROYOKAN 2 ANGGOTA TNI TERUS BERLANJUT MESKI SUDAH ADA PERMINTAAN MAAF   KEROYOK DUA ANGGOTA TNI KODIM 0304/AGAM, HARLEY-DAVIDSON OWNERS GROUP MINTA MAAF   DUA ANGGOTA TNI KODIM 0304/AGAM MENJADI KORBAN PENGEROYOKAN KLUB MOTOR HARLEY-DAVIDSON DI BUKITTINGGI, SUMBAR   ICW MINTA KPK LIBATKAN NOVEL BASWEDAN UNTUK TANGKAP HARUN MASIKU, TERSANGKA YANG DIDUGA SUAP KOMISIONER KPU   BMKG MEMPREDIKSI SELURUH WILAYAH DKI JAKARTA DIGUYUR HUJAN SIANG INI   KORBAN GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI BERTAMBAH, 22 MENINGGAL DAN 800 TERLUKA   KEMLU: GEMPA DI LAUT AEGEAN, TURKI, TIDAK ADA KORBAN WNI   KBRI ANKARA: SEJAUH INI TIDAK DIPEROLEH LAPORAN MENGENAI ADANYA WNI YANG TERKENA DAMPAK LANGSUNG GEMPA    DINKES KAPUAS HULU, KALBAR, MENGATAKAN 4 KARYAWAN BRI CABANG PUTUSSIBAU POSITIF COVID-19    GUBERNUR GANJAR PRANOWO: SUDAH KAMI TETAPKAN UMP JATENG TAHUN 2021 SEBESAR RP 1.798.978   PEMERINTAH PUSAT TOLAK KENAIKAN UPAH MINIMUM PEGAWAI, GUBERNUR GANJAR PRANOWO PASTIKAN UMP JATENG TAHUN 2021 NAIK