Kompas TV nasional sapa indonesia

Tangkal Resesi, Jokowi: Perkuat Ekonomi Desa Sebagai Penyangga Kota

Kamis, 24 September 2020 | 22:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 hampir dipastikan mengalami resesi atau pertumbuhan di angka negatif.

Perkiraan itu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat mengoreksi perkiraan pertumbuhan ekonomi kuartal ke-III di pekan terakhir bulan September ini.

Menurut Sri Mulyani, proyeksi pertumbuhan ekonomi akan membaik di akhir tahun meski masih berada di posisi negatif.

Sri Mulyani menyebut mobilitas warga di sektor ritel, farmasi, dan tempat wisata, menunjukkan perbaikan yang dapat digenjot dengan kehati-hatian pandemi Covid-19.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia terkoreksi cukup dalam sejak kuartal I sebesar 2,97, lalu terus menurun hingga -5,23 persen di kuartal II.

Pemerintah memperkirakan angka akan terdongkrak sedikit ke posisi -1,7 persen di kuartal III dan -1,7 hingga -0,6 di akhir tahun.

Kontraksi ekonomi terbesar dipengaruhi angka konsumsi rumah tangga yang diperkirakan -3 hingga -1,5 persen di kuartal III.

Sementara konsumsi pemerintah , terdongkrak signifikan di angka 9,8 hingga 17 persen lewat berbagai percepatan belanja program.

Sementara investasi masih mengalami tekanan -8,5 persen hingga -6,6 persen.

Strategi pemulihan lain ditekankan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas kabinet hari ini.

Presiden Jokowi meminta kementerian terkait memastikan seluruh skema bantuan desa tepat sasaran dan efektif sebagai penyanggah tekanan ekonomi wilayah perkotaan.

Pemerintah menyalurkan dana lebih dari 640 triliun rupiah untuk menangani Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Stimulus bantuan ini dialokasikan hingga akhir Desember tahun ini untuk membantu mendongkrak pertumbuhan ekonomi yang lebih baik mulai tahun depan.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:07
PRESIDEN RUSIA VLADIMIR PUTIN IZINKAN PEMIMPIN OPOSISI ALEXEI NAVALNY BEROBAT KE JERMAN   HINGGA 23 OKTOBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI ITALIA: 465.726 POSITIF, 259.456 SEMBUH, 36.968 MENINGGAL DUNIA   ITALIA BERLAKUKAN JAM MALAM GUNA ATASI KASUS PENYEBARAN KORONA YANG KEMBALI MELONJAK   POSITIF KORONA, WAKIL PM BELGIA SOPHIE WILMES DIRAWAT DI ICU   PETAHANA PRESIDEN AS DONALD TRUMP MENGAKU PUNYA HUBUNGAN BAIK DENGAN PEMIMPIN KOREA UTARA KIM JONG UN   KONTRAS MENILAI KEBERADAAN MILITER DI PAPUA JADI SEBAB INTENSITAS KEKERASAN DI PAPUA   KONTRAS DESAK PEMERINTAH DAN DPR MENGEVALUASI KEBERADAAN MILITER DI PAPUA   TAK MAU EKSPOR BAHAN MENTAH BATUBARA, PRESIDEN JOKOWI INGIN BATUBARA DIOLAH DI DALAM NEGERI   KPK JADWALKAN PEMERIKSAAN WALI KOTA TASIKMALAYA BUDI BUDIMAN SEBAGAI TERSANGKA KASUS SUAP DANA ALOKASI KHUSUS (DAK)   HARI INI JADI BATAS WAKTU PEMILIHAN PELATIHAN PERTAMA PENERIMA KARTU PRAKERJA GELOMBANG 9   HINGGA, 23 OKTOBER 2020, 2.624 PASIEN POSITIF KORONA DIRAWAT DI RSD WISMA ATLET JAKARTA   BAWASLU: SANKSI TERBERAT BERUPA REKOMENDASI LARANGAN PESERTA PILKADA UNTUK BERKAMPANYE SELAMA 3 HARI   BAWASLU AKAN BERI SANKSI BERAT KE PASLON PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN SAAT KAMPANYE   WAKIL KETUA KOMISI II DPR YAQUT CHOLIL QOUMAS YAKIN PARTISIPASI PUBLIK TURUN DRASTIS DALAM PILKADA 2020