Kompas TV regional berita daerah

Beri Efek Jera, Warga Tak Bermasker Mulai Didenda

Kamis, 24 September 2020 | 10:14 WIB

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Meski sudah berulang kali diingatkan, namun masih banyak pengguna jalan di Kabupaten Probolinggo, yang tidak memakai masker. Petugas pun menjaring para pelanggar dan menerapkan sanksi denda untuk memberikan efek jera.

Operasi yustisi penggunaan masker terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Tak hanya di jalan protokol kota, razia juga dilakukan di jalan antar kecamatan.

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari mengatakan meski sosialisasi dan razia masker telah dilakukan sejak beberapa pekan terakhir, namun masih ada saja warga yang abai. Mereka tidak menggunakan masker dengan alasan beragam.

Ada yang mengaku lupa tidak membawa masker, ada yang membawa masker tapi lupa tidak memakainya, hingga ada yang memang sengaja tidak memakai masker, karena sesak saat bernafas.

Guna memberikan efek jera, pemerintah setempat memberlakukan sanksi denda bagi warga yang tidak bermasker. Denda diberikan melalui sidang di tempat dengan nominal sesuai jenis pelanggaran.

Jika baru pertama kali terjaring dan tidak sengaja tidak memakai masker, maka didenda 30 ribu rupiah. Namun jika sudah berulangkali terjaring, maka didenda ratusan ribu rupiah. Kini sudah ada 200 pelanggar, yang diberi sanksi denda.

Razia masker akan terus dilakukan untuk menekan kasus covid-19 di Kabupaten Probolinggo, yang sudah mencapai 912 orang.

#RaziaMasker #OperasiYustisi #SanksiDidenda

 

Editor : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:42
WEBINAR KOMPAS INSTITUTE "INVESTASI KALA RESESI" BERSAMA MOHAMAD ANDOKO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   BANK DUNIA KUCURKAN 1 JUTA DOLLAR AS UNTUK KEMBANGKAN SEKTOR PERIKANAN PESISIR INDONESIA   POLISI PERANCIS SEBUT TERSANGKA PENUSUKAN DI NICE ADALAH SEORANG PRIA TUNISIA BERUSIA 21 TAHUN   PEMERINTAH: ADA 34 PROVINSI DAN 502 KABUPATEN/KOTA YANG TERDAMPAK KORONA   PEMERINTAH: HINGGA 30 OKTOBER 2020, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 4.488.738 SPESIMEN   HINGGA 30 OKTOBER 2020, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 68.292 ORANG   HINGGA 30 OKTOBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI INDONESIA: 406.945 POSITIF, 334.295 SEMBUH, 13.782 MENINGGAL DUNIA    KORLANTAS POLRI: OPERASI ZEBRA 2020 SERENTAK DI SELURUH WILAYAH SELAMA 26 OKTOBER-8 NOVEMBER 2020   MENGEDEPANKAN EDUKASI, OPERASI ZEBRA 2020 TIDAK ADA TARGET TILANG   JASA MARGA: 509.140 KENDARAAN TINGGALKAN JAKARTA PADA 27-29 OKTOBER 2020   BADAN PENGELOLA TRANSPORTASI JABODETABEK (BPTJ): PENUMPANG BUS AKAP NAIK 62% DI MASA LIBUR PANJANG   DISHUB DKI KOORDINASI DENGAN POLDA METRO JAYA UNTUK BERPATROLI DI JALUR SEPEDA SEPANJANG 63 KM GUNA CEGAH BEGAL   KSPI MINTA PEMERINTAH UNTUK TIDAK SAMA RATAKAN PERUSAHAAN YANG TIDAK MAMPU BAYAR KENAIKAN UPAH MINIMUM   KSPI MINTA GUBERNUR ABAIKAN SURAT EDARAN MENAKER SOAL TAK ADA KENAIKAN UPAH MINIMUM PADA 2021