Kompas TV internasional kompas dunia

Jembatan Gantung Paling Seram

Kompas.tv - 22 September 2020, 20:17 WIB
jembatan-gantung-paling-seram
Jembatan Gantung Hussaini merupakan salah satu jembatan gantung berbahaya di dunia yang bisa membuat tangan anda berkeringat (Sumber: Ryan Riel Media)
Penulis : Agung Pribadi

Hunza, Kompas TV - Sebuah Jembatan gantung di Pakistan dinobatkan sebagai salah satu jembatan berbahaya di dunia, uniknya jembatan ini bukanlah satu-satunya jembatan berbahaya di negara itu.

Lintasan panjang jembatan tergantung di atas Danau Borit, di hulu sungai Hunza di Pakistan utara yang memiliki konstruksi berderit. Mungkin karena usianya yang terbilang tua hingga menegangkan bagi siapa saja yang berusaha melewatinya.

Jembatan gantung ini tergantung cukup tinggi dari permukaan danau. Terletak di ketinggian 2.600 meter, di wilayah Gilgit-Baltistan. Papan titian jembatan yang berjarak cukup lebar dan angin kencang yang menerpa jembatan hingga berayun, semakin menambah kengerian saat melaluinya.

Namun bagi masyarakat desa Hussaini yang terletak di Lembah Hunza (Gojal, Hunza Atas), Jembatan Hussaini tergolong vital. Karena merupakan satu-satunya jembatan, yang memiliki peran penting sebagai cara mudah menyeberangi danau. Terutama bila penduduk hendak berkunjung ke kota besar yang terletak di sisi utara.

Disamping terisolasi oleh kurangnya jalan dan infrastruktur, satu-satunya jalan alternatif yang mungkin dilalui selain jembatan Hussaini, adalah melalui pegunungan ke Rawalpindi, atau menggunakan pesawat terbang yang hanya bisa dilakukan oleh orang kaya.

Jembatan Hussaini ini terdiri atas dua jembatan gantung dua arah. Meskipun dianggap berbahaya, jembatan ini ramai dilalui turis yang ingin sekedar merasakan atau menguji nyali serta ketangkasan mereka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.