Kompas TV regional berita daerah

Taman Cantik Dari 6 Ton Limbah Plastik

Kompas.tv - 22 September 2020, 14:40 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KAB. BATANG, KOMPAS.TV - Beginilah taman PKK Batang yang berada di lingkungan Setda Batang, Jawa Tengah. Dengan memanfaatkan 6 ton sampah plastik, baik bungkus mie instan, kopi sedu, hingga permen, dijadikan satu dengan bekas botol air mineral untuk dijadikan ecobrick. Jumlah ecobrick sendiri dihitung mencapai 26.800 buah.

Tumpukan bekas botol air mineral yang berisi sampah plastik warna-warni ini, nampak rapi tersusun dan indah dipandang mata. Ribuan ecobrick ini dibuat untuk kursi, meja, pagar taman, gapura taman, bahkan hingga sebuah bangunan rumah green house.

selain itu di taman juga terdapat tanaman-tanaman yang bisa dijadikan obat keluarga, seperti jahe, kunyit dan sejenisnya. Taman ecobrick ini juga menyediakan kantin PKK yang hanya menyajikan makanan kecil jajan pasar tradisional, seperti klepon, getuk, owol dan aneka jajan pasar lainnya.

pemrakasa taman ecobrick ini adalah Uni Kuslantasi Wihaji, yang juga sebagai Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Batang. Banyaknya sampah plastik yang ada di Kabupaten Batang, dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan ecobrick.

Kendati berada di lingkungan Setda Kabupaten Batang, namun taman PKK ini dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Saat ini, taman PKK ini digunakan untuk menerima tamu bupati atau sekedar pertemuan ringan sembari menikmati jajan pasar dan kopi asli Kabupaten Batang.
 

#PKK #Ecobrick #KabupatenBatang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x