Kompas TV nasional update corona

Kenaikan Kasus Covid-19 Meningkat Drastis, Rumah Sakit di Depok Kewalahan

Senin, 21 September 2020 | 10:04 WIB
kenaikan-kasus-covid-19-meningkat-drastis-rumah-sakit-di-depok-kewalahan
Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan cairan disinfektan di jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, pada Maret lalu. Hingga kini kasus Covid 19 di Depok masih terus meningkat hingga membuat Rumah Sakit setempat kewalahan. (Sumber: Antara)

DEPOK, KOMPAS.TV - Pandemi Covid-19 di Depok, Jawa Barat, semakin mengkhawatirkan. Sekitar 1-2 bulan belakangan, Depok mengalami pertumbuhan kasus Covid-19 yang sangat tinggi, seperti halnya DKI Jakarta.

Seperti dilansir dari Kompas.com, kini Depok sudah melaporkan 3.287 kasus positif Covid-19. Jumlah ini merupakan yang terbanyak se-Jawa Barat, sekaligus tertinggi di Bodetabek.

Yang mengkhawatirkan dari Depok bukan hanya laju tambahan kasus positif Covid-19 yang terus melonjak, tetapi juga laju kematian yang semakin cepat.

Meskipun secara proporsional tingkat kematian akibat Covid-19 di Depok tak begitu tinggi yakni 3,4 persen (DKI Jakarta 2,5 persen; Indonesia 3,9 persen), tetapi jumlah pasien yang meninggal mengalami lonjakan pesat dalam 1-2 bulan terakhir.

Berikut data kematian di Depok dalam tiga bulan terakhir:

20 Juni: 34 korban 20 Juli: 39 korban (+5 atau 1,4 persen)
20 Agustus: 60 korban (+21 atau 54 persen)
20 September: 112 korban (+52 atau 87 persen)

Itu artinya, jumlah kematian pasien Covid-19 di Depok naik nyaris 3 kali lipat dalam kurun 2 bulan, yakni dari 39 korban menjadi 112 korban. Jumlah kematian ini hanya menghitung kematian pasien yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 saja. Meskipun definisi kematian akibat Covid-19 menurut WHO juga menghitung kasus-kasus kematian suspect/PDP (pasein dalam pengawasan). Jadi jika mengacu pada penghitungan sesuai standar WHO, dikhawatirkan jumlah kematian yang sesungguhnya lebih besar lagi.

Editor : Tussie Ayu

1
2
3



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:54
BNPB MINTA DEPOK SEGERA ISOLASI PASIEN TANPA GEJALA COVID-19 DI LOKASI KHUSUS UNTUK CEGAH PENULARAN   BINTANG JUVENTUS CRISTIANO RONALDO DINYATAKAN SEMBUH DARI COVID-19 SETELAH JALANI TES USAP   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE MINTA KANDIDAT PILKADA BERKAMPANYE POSITIF DENGAN ADU GAGASAN & PROGRAM DI RUANG DIGITAL   KAPOLRES BUKITTINGGI SEBUT KASUS HUKUM PENGEROYOKAN 2 ANGGOTA TNI TERUS BERLANJUT MESKI SUDAH ADA PERMINTAAN MAAF   KEROYOK DUA ANGGOTA TNI KODIM 0304/AGAM, HARLEY-DAVIDSON OWNERS GROUP MINTA MAAF   DUA ANGGOTA TNI KODIM 0304/AGAM MENJADI KORBAN PENGEROYOKAN KLUB MOTOR HARLEY-DAVIDSON DI BUKITTINGGI, SUMBAR   ICW MINTA KPK LIBATKAN NOVEL BASWEDAN UNTUK TANGKAP HARUN MASIKU, TERSANGKA YANG DIDUGA SUAP KOMISIONER KPU   BMKG MEMPREDIKSI SELURUH WILAYAH DKI JAKARTA DIGUYUR HUJAN SIANG INI   KORBAN GEMPA BERMAGNITUDO 7 DI TURKI BERTAMBAH, 22 MENINGGAL DAN 800 TERLUKA   KEMLU: GEMPA DI LAUT AEGEAN, TURKI, TIDAK ADA KORBAN WNI   KBRI ANKARA: SEJAUH INI TIDAK DIPEROLEH LAPORAN MENGENAI ADANYA WNI YANG TERKENA DAMPAK LANGSUNG GEMPA    DINKES KAPUAS HULU, KALBAR, MENGATAKAN 4 KARYAWAN BRI CABANG PUTUSSIBAU POSITIF COVID-19    GUBERNUR GANJAR PRANOWO: SUDAH KAMI TETAPKAN UMP JATENG TAHUN 2021 SEBESAR RP 1.798.978   PEMERINTAH PUSAT TOLAK KENAIKAN UPAH MINIMUM PEGAWAI, GUBERNUR GANJAR PRANOWO PASTIKAN UMP JATENG TAHUN 2021 NAIK