Kompas TV regional berita daerah

Memanfaatkan Sampah Plastik Menjadi Meja dan Kursi

Kompas.tv - 21 September 2020, 09:46 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Guna mengurangi sampah plastik di lokasi wisata, sekelompok mahasiswa memberikan latihan daur ulang sampah kepada kelompok sadar wisata di Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Jawa Timur.

Daur ulang sampah dilakukan dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi ecobrick atau properti meja kursi.

Sejumlah mahasiswa asal perguruan tinggi di Kabupaten Jember memungut sampah plastik, yang ada di jalan menuju wisata air terjun tumpak sewu Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Sampah, yang terkumpul kemudian dimanfaatkan menjadi ecobrick atau properti meja kursi. mereka mengajak sekaligus melatih pemuda pokdarwis setempat untuk membuatnya.

Pembuatan ecobrick diawali dengan mengisi botol pet dengan sampah plastik, yang sudah dibersihkan dan dikeringkan. Tekan dan masukkan sampah plastik ke dalam botol hingga benar-benar padat.

Kemudian rakit botol tersebut menjadi kerangka kursi dan meja yang kuat. untuk bisa digunakan menjadi tempat duduk yang empuk, tambahkan spon dan tutup dengan potongan kain bekas. Ecobrick pun siap digunakan untuk segala jenis ruangan.

Seorang mahasiswa, Ilham Maulana mengatakan kegiatan ini untuk mengurangi pencemaran lingkungan, khususnya lokasi wisata dari sampah.

latihan ini disambut baik oleh pengelola wisata Tumpak Sewu, yakni Abdul Kari. Pasalnya selama ini sampah selalu  menjadi persoalan di lokasi wisata tumpak sewu.

Pihak pengelola wisata rencananya akan memanfaatkan kerajinan ini untuk membuat cafe, yang dibangun dari daur ulang sampah.

#SampahPlastik #DaurUlangSampah #Wisata #AirTerjun #TumpakSewu

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x