Kompas TV nasional update corona

Luhut Panjaitan Tangani Critical Time Sampai Vaksin Covid-19 Siap

Kompas.tv - 18 September 2020, 21:49 WIB
luhut-panjaitan-tangani-critical-time-sampai-vaksin-covid-19-siap
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan usai dilantik Presiden Joko Widodo (Sumber: KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk mengkoordinasikan penanganan Covid-19, memaparkan hasil koordinasi yang dilakukannya.

Dalam konferensi pers virtual, Luhut mengatakan, langkah penanganannya adalah menangani critical time dalam tiga bulan ini.

Critical time yang dimaksud adalah, tenggat waktu hingga vaksin Covid-19 siap pada bulan Januari tahun mendatang.

Dalam tenggat waktu tiga bulan mendatang ini, Luhut mengambil langkah-langkah untuk menekan peningkatan angka kasus Covid-19.

"Sebenarnya critical time ini tiga bulan ke depan. Sampai vaksin jalan. Kita harapkan Desember awal," kata Luhut, dikutip dari akun Youtube Kemenko Maritim dan Investasi, Jumat (18/9/2020).

Baca Juga: Kemlu Gunakan Berbagai Cara Agar Harga Vaksin Covid 19 Terjangkau

Di Desember awal ini pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah untuk persiapan vaksinasi. Terutama di lokasi-lokasi yang telah diprioritaskan.

"Jika itu terlalui, sampai Januari 100 juta diinjeksi, mungkin akan terkendali. Itu target kita," ucapnya.

Disebutkannya, pada tahun depan, Indonesia akan memiliki 270 juta vaksin untuk vaksinasi Covid-19. "Bisa juga lebih dari angka itu," katanya.

Untuk menjaga critical time itu, dalam dua pekan ini Luhut telah merumuskan beberapa hal untuk menekan kenaikan kasus Covid-19.

Pertama, mendorong perubahan perilaku masyarakat yang lebih cepat lagi untuk melaksanakan protokol kesehatan. Karena hal ini sangat penting.

Kedua, penurunan penambahan kasus harian. Ketiga, peningkatan recovery rate. Keempat, penurunan mortality rate. Kelima, penurunan mortality cases.

“Dari lima ini yang nanti kita terjemahkan ke depan, apa-apa yang kita lakukan dan sekarang sedang jalan,” tuturnya.

Baca Juga: Doni Monardo: Jangan Menganggap Ada Vaksin Covid-19 akan Berakhir



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x