Kompas TV nasional berita kompas tv

Penghormatan Terakhir Sekda Saefullah Dikritik, Wagub DKI: Tak Ada Protokol yang Dilanggar

Jumat, 18 September 2020 | 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menyoroti penghormatan terakhir terhadap Sekda DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota menuai kritik.

Koordinator Forum Warga Kota Jakarta Azas Tigor Nainggolan menilai hal itu tak sesuai protokol pemakaman pasien Covid-19.

"Tindakan Gubernur Anies Baswedan yang membawa jenazah bapak Saefullah ke Balai Kota adalah pelanggaran dan sekaligus membahayakan keselamatan masyarakat Jakarta," kata Tigor.

Tigor menyatakan seluruh pihak baik masyarakat sipil maupun pejabat harus taat protokol kesehatan termasuk protokol pemakaman.

Menanggapi kritikan Azas Tigor, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan penghormatan terakhir bagi Sekretaris Daerah Saefullah tak melanggar protokol kesehatan.

Menurutnya penghormatan terakhir untuk Sekda DKI dilakukan dengan menjaga jarak dan jenazah tetap berada di dalam peti di dalam ambulans.

"Kita semua bersama pak Gubernur memimpin memberikan penghormatan terakhir tetap dengan protokol Covid-19. Kan jenazahnya tetap ada di mobil, jaraknya jauh, kita semua berjarak. Saya kira itu tidak ada masalah, tidak ada yang dilanggar," ujar Riza.

Menurutnya, penghormatan terakhir ini dilakukan untuk mengenang prestasi Saefullah semasa masih bekerja di Balai Kota.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:35
WEBINAR KOMPAS INSTITUTE "INVESTASI KALA RESESI" BERSAMA MOHAMAD ANDOKO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   BANK DUNIA KUCURKAN 1 JUTA DOLLAR AS UNTUK KEMBANGKAN SEKTOR PERIKANAN PESISIR INDONESIA   POLISI PERANCIS SEBUT TERSANGKA PENUSUKAN DI NICE ADALAH SEORANG PRIA TUNISIA BERUSIA 21 TAHUN   PEMERINTAH: ADA 34 PROVINSI DAN 502 KABUPATEN/KOTA YANG TERDAMPAK KORONA   PEMERINTAH: HINGGA 30 OKTOBER 2020, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 4.488.738 SPESIMEN   HINGGA 30 OKTOBER 2020, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 68.292 ORANG   HINGGA 30 OKTOBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI INDONESIA: 406.945 POSITIF, 334.295 SEMBUH, 13.782 MENINGGAL DUNIA    KORLANTAS POLRI: OPERASI ZEBRA 2020 SERENTAK DI SELURUH WILAYAH SELAMA 26 OKTOBER-8 NOVEMBER 2020   MENGEDEPANKAN EDUKASI, OPERASI ZEBRA 2020 TIDAK ADA TARGET TILANG   JASA MARGA: 509.140 KENDARAAN TINGGALKAN JAKARTA PADA 27-29 OKTOBER 2020   BADAN PENGELOLA TRANSPORTASI JABODETABEK (BPTJ): PENUMPANG BUS AKAP NAIK 62% DI MASA LIBUR PANJANG   DISHUB DKI KOORDINASI DENGAN POLDA METRO JAYA UNTUK BERPATROLI DI JALUR SEPEDA SEPANJANG 63 KM GUNA CEGAH BEGAL   KSPI MINTA PEMERINTAH UNTUK TIDAK SAMA RATAKAN PERUSAHAAN YANG TIDAK MAMPU BAYAR KENAIKAN UPAH MINIMUM   KSPI MINTA GUBERNUR ABAIKAN SURAT EDARAN MENAKER SOAL TAK ADA KENAIKAN UPAH MINIMUM PADA 2021