Kompas TV regional wisata

Suhu Dieng Minus 5 Derajat, Embun Es Kembali Muncul

Kompas.tv - 17 September 2020, 13:53 WIB
suhu-dieng-minus-5-derajat-embun-es-kembali-muncul
Wisatawan Menikmati Embun Es Dieng. (Sumber: Kompas.com/Nur Rohmi Aida)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah kembali membeku. Sebuah video viral di Instagram memperlihatkan kondisi rumput lapangan Candi Arjuna, Banjarnegara, Jawa Tengah itu ditumbuhi embun es atau lebih dikenal embun upas.

Hal tersebut sempat diabadikan dalam sebuah rekaman video berdurasi 4 menit 16 detik yang diunggah ke dalam Instagram @pesonabanjarnegara.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Banjarnegara (@pesonabanjarnegara) on

Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara, Sri Utami mengonfirmasi kejadian ini terjadi Rabu (16/9/2020) pagi.

Ia mengatakan dataran tinggi Dieng sempat mencapai suhu minus 5 derajat celsius. Kondisi ini, kata dia, juga lebih dingin dari embun upas yang pernah terjadi Juli 2020 lalu.

"Lebih dingin mas, tadi turun sampai minus 5 derajat celsius di area kompleks Candi Arjuna, lapangan Pandawa dan meluas di area Dharmasala," kata Sri dikutip Kompas.com.

Lanjutnya, fenomena embun upas hari ini merupakan yang pertama terjadi pada bulan September. Wisatawan yang datang mengenakan jaket tebal, syal, masker, kaus kaki dan sarung tangan. Pemandangan ini sudah merupakan hal yang biasa terjadi jika memasuki musim kemarau di Dieng. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.