Kompas TV nasional berita kompas tv

Tuai Polemik, Ini Isi Peraturan Kapolri Soal Pam Swakarsa

Kamis, 17 September 2020 | 13:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Idham Azis telah menerbitkan Peraturan Kapolri Nomor 4 tahun 2020 tentang pengamanan swakarsa.

Pam Sawakarsa terdiri dari satpam, satuan keamanan lingkungan,vdan kelompok kearifan lokal.

Dalam pasal 3 dari Perkap itu disebutkan, Pam Swakarsa bertugas menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

Perkap itu juga mengatur perubahan warna seragam satpam menjadi cokelat.

Warna itu mirip seperti seragam Polri.

Seragam baru satpam nantinya juga akan dilengkapi dengan pangkat layaknya anggota Polri.

Dalam pasal 19 disebutkan, golongan kepangkatan anggota satpam meliputi manajer, supervisor, dan pelaksana.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono menyebut warna seragam satpam yang dibuat mirip polisi dapat menimbulkan kedekatan emosional serta menumbuhkan kebangaan dalam diri setiap anggota satpam.

Adapun Ketua Komisi III DPR Herman Herry setuju  jika polisi melibatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga Kamtibmas.

Namun dia meminta polisi melakukan pengawasan ketat sehingga tidak muncul arogansi atau persekusi atas nama Pam Swakarsa.

"Polri tetap harus menjadi pengarah utama dalam mengawasi pelibatan Pam Swakarsa dan satpam ini," kata Herman Herry seperti dikutip dari Kompas.com.

Editor : Reny Mardika



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Di Parit

Minggu, 20 September 2020 | 03:33 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:23
ANTOINE GRIEZMANN ANTARKAN BARCELONA MENANG 1-0 ATAS ELCHE   GARETH BALE RESMI KEMBALI KE TOTTENHAM HOTSPUR   VALENCIA KALAH 1-2 ATAS CELTA VIGO DALAM LAGA PEKAN KEDUA LIGA SPANYOL DI STADION BALAIDOS, VIGO   WEBINAR NARASI BRAND BERSAMA TARRENCE PALAR DAN HANDOKO HENDROYONO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   IRLANDIA LAKUKAN PEMBATASAN DI DUBLIN SETELAH TERJADI PENINGKATAN KASUS POSITIF COVID-19   MENTERI LUHUT B PANDJAITAN TEGASKAN TENAGA KESEHATAN DIPRIORITAS TERTINGGI MENDAPAT VAKSIN COVID-19   MAROKO TEKEN KONTRAK PEMBELIAN VAKSIN COVID-19 DENGAN PERUSAHAAN FARMASI ASAL RUSIA R-PHARM   LPSK SIAP LINDUNGI SAKSI DALAM KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAKSAAN AGUNG   PEMPROV RIAU SEDIAKAN FASILITAS ISOLASI UNTUK 1.521 PASIEN COVID-19 DENGAN GEJALA RINGAN DAN TANPA GEJALA   KETUA MPR MINTA KPU BERSINERGI DENGAN DUKCAPIL MEMVERIFIKASI DAN MEMUTAKHIRKAN DATA PEMILIH PADA PILKADA 2020   LPSK HARAP PEMERINTAH BENAHI PROSES PERIZINAN DALAM PEREKRUTAN & PENEMPATAN ANAK BUAH KAPAL (ABK)   PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   KPU SIDOARJO, JATIM, SIAPKAN BILIK KHUSUS PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS DI TPS