Kompas TV internasional kompas dunia

Berwisata ke Hawaii Kini Tak Perlu Lewati Masa Karantina

Kamis, 17 September 2020 | 11:20 WIB
berwisata-ke-hawaii-kini-tak-perlu-lewati-masa-karantina
Wisatawan berselancar di pantai Hawaii. Namun selama pandemi, jumlah wisatawan yang datang ke Hawaii menurun drastis. (Sumber: Associated Press)

HONOLULU, KOMPAS.TV - Gubernur Hawaii David Ige mengatakan, mulai 15 Oktober, wisatawan yang datang ke Hawaii tidak perlu menjalani masa karantina selama 14 hari. Wisatawan cukup menunjukkan bukti hasil tes yang negatif untuk COVID-19.

Wisatawan harus mengikuti tes dalam waktu 72 jam sebelum penerbangan mereka tiba di Hawaii. Ige mengatakan, Pemerintah Hawaii juga akan menyediakan layanan kesehatan untuk melakukan tes bagi wisatawan yang datang.

Sejak awal tahun, Ige telah berencana untuk mengadakan program ini pada 1 Agustus. Namun rencana tertunda karena melonjaknya kasus Covid 19 di Amerika daratan dan juga di Hawaii. Rencana ini kemudian diundur, untuk efektif pada 1 September, namun akhirnya kembali dibatalkan. Akhirnya, aturan baru ini akan berlaku pada 15 Oktober mendatang. Maskapai penerbangan diharapkan dapat membantu menginformasikan kepada masyarakat mengenai aturan dari negara bagian Hawaii.

Pemerintah negara bagian Hawaii berharap aturan tes pra-perjalanan dapat mendongkrak pariwisata di Hawaii, namun tetap membuat penduduk setempat aman dari ancaman Covid 19. Pariwisata di Hawaii diketahui telah anjlok sebesar 90 persen sejak pandemi dimulai. Lesunya sektor pariwisata, memaksa ratusan hotel tutup dan banyak orang kehilangan pekerjaan.

"Saya ingin menekankan bahwa tes pra-perjalanan akan memungkinkan kami menambahkan elemen keselamatan yang lebih besar untuk perjalanan ke Hawaii," kata Ige pada konferensi pers, Rabu (16/9/2020) seperti dilansir dari Associated Press.

Letnan Gubernur Hawaii Josh Green yang dinyatakan positif Covid 19, ikut menghadiri konferensi pers melalui Zoom. Green mengatakan, program ini akan meningkatkan peluang ekonomi masyarakat Hawaii yang selama beberapa bulan terakhir mengalami pukulan keras. Pandemi membuat hampir satu per empat tenaga kerja produktif di Hawaii menjadi pengangguran. Pada bulan April, Hawaii memiliki tingkat pengangguran terburuk ketiga di AS setelah Nevada dan Michigan.

"Saya khawatir akan dampak jangka panjang Covid 19 pada ekonomi. Saya khawatir masyarakat tidak mampu membeli rumah, membeli kebutuhan mereka atau perawatan kesehatan," kata Green.

Editor : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:28
BMKG MEMPREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH JABODETABEK CERAH BERAWAN PADA PAGI HINGGA SIANG INI   PEMKOT BATAM BEBASKAN SANKSI ADMINISTRATIF, DENDA, DAN BUNGA TELAT BAYAR PAJAK   KEMENKOP DAN UKM DORONG PELAKU USAHA KECIL MENENGAH DI GARUT MANFAATKAN PELUANG PASAR DARING   WALI KOTA SALATIGA YULIYANTO SEBUT PASIEN COVID-19 DI WILAYAHNYA BERASAL DARI PENULARAN LUAR DAERAH   DONI MONARDO MINTA MASYARAKAT TETAP TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SAAT PULANG BEKERJA DAN TIBA DI RUMAH   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO SEBUT ENAM PERSEN PASIEN DI WISMA ATLET KEMAYORAN ADALAH KLASTER KELUARGA   KASUS COVID-19 TERUS BERTAMBAH, PEMKOT KUPANG KEMBALI MEMBERLAKUKAN KEBIJAKAN “WORK FROM HOME” KEPADA ASN   KEMDIKBUD TINGKATKAN KOMPETENSI GURU SMK DI BIDANG KECERDASAN BUATAN   ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19, PEMPROV DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DATA TAMU HOTEL LEWAT APLIKASI DIGITAL   GUBERNUR BANTEN WAHIDIN HALIM KEMBALI JADIKAN RSUD BANTEN SEBAGAI PUSAT RUJUKAN PASIEN COVID-19   PEMPROV DKI SIAPKAN TPU ROROTAN, JAKUT, UNTUK MEMAKAMKAN JENAZAH PASIEN COVID-19   KEMENPERIN FOKUS WUJUDKAN EKOSISTEM INOVASI INDUSTRI 4.0 DI MASA PANDEMI   PANDEMI COVID-19, PEMPROV NUSA TENGGARA TIMUR PASTIKAN BANDARA DAN PELABUHAN TIDAK DITUTUP   POLDA METRO JAYA MELAKUKAN TES USAP 300 TAHANAN BERSTATUS VONIS GUNA PASTIKAN SEHAT DAN AMAN DIPINDAH KE LAPAS