Kompas TV internasional kompas dunia

Pejabat AS Dijadwalkan Berkunjung ke Taiwan, Hubungan AS-China Dikhawatirkan Memanas

Kamis, 17 September 2020 | 06:08 WIB
pejabat-as-dijadwalkan-berkunjung-ke-taiwan-hubungan-as-china-dikhawatirkan-memanas
Ilustrasi hubungan diplomatik AS dan China yang memanas akibat kunjungan pejabat AS ke Taiwan. (Sumber: Getty Images via BBC Indonesia)

WASHINGTON, KOMPAS.TV -  Departemen Luar Negeri AS mengatakan, Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Urusan Ekonomi Keith Krach, dijadwalkan akan mengunjungi Taiwan pada Sabtu mendatang. Kunjungan bertujuan untuk menghadiri upacara peringatan bagi mantan Presiden Taiwan Lee Teng-hui. Langkah ini  kemungkinan besar akan membuat Beijing marah, seiring memanasnya hubungan diplomatik antara AS dan China belakangan ini.

Dilansir dari Reuters, pengumuman akan perjalanan ini dilakukan pada Rabu (16/9/2020). "Amerika Serikat menghormati warisan Presiden Lee dengan melanjutkan ikatan kuat kami dengan Taiwan. (Kami menghormati) demokrasi yang dinamis melalui nilai-nilai politik dan ekonomi bersama," kata pernyataan Departemen Luar Negeri yang mengumumkan perjalanan Krach.

Sebelumnya pada bulan lalu, diplomat senior AS untuk Asia Timur, David Stilwell, mengatakan bahwa Washington akan meningkatkan hubungan dengan Taiwan dengan membentuk dialog ekonomi bilateral baru. Dia juga mengatakan, dialog AS-Taiwan ini akan dipimpin oleh Krach.

Namun, pernyataan Departemen Luar Negeri pada Rabu kemarin, tidak menyebutkan hal tersebut. Analis mengatakan, hal ini bisa mencerminkan ketidaksepakatan dalam pemerintahan AS tentang bagaimana melanjutkan masalah ekonomi dengan Taiwan. Ini juga menunjukkan AS masih berhati-hati untuk tidak bertindak terlalu jauh untuk mengecewakan China.

Sebelumnya, Reuters juga memberitakan, pada hari Senin lalu juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin ditanya tentang kemungkinan kunjungan Krach ke Taipei. Dia mengatakan, China dengan tegas menentang kerjasama resmi antara Amerika Serikat dan Taiwan. Wenbin juga memperingatkan kerusakan serius pada hubungan China-AS dengan adanya kunjungan pejabat AS ke Taiwan.

Pada bulan lalu, Menteri Kesehatan AS Alex Azar pernah mengunjungi Taiwan. Dia menjadi pejabat tingkat tertinggi AS yang melakukan perjalanan ke pulau itu sejak Washington memutuskan hubungan diplomatik dengan Taipei dan memutuskan untuk mendukung Beijing pada 1979.

Pakar Taiwan mengatakan mereka yakin Krach akan menjadi pejabat Departemen Luar Negeri paling senior yang melakukan kunjungan publik sejak 1979.

Editor : Tussie Ayu

1
2

TAG : ASChina


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:06
ANGKATAN UDARA TIONGKOK GELAR SIMULASI SERANGAN DI TEMPAT YANG MENYERUPAI PANGKALAN AU AS DI GUAM   SEBANYAK 11 TENAGA KESEHATAN DI MADIUN, JAWA TIMUR, POSITIF TERINFEKSI KORONA   POLRESTA PONTIANAK TETAPKAN OKNUM POLISI YANG MEMERKOSA GADIS PELANGGAR LALU LINTAS SEBAGAI TERSANGKA   POSITIF KORONA TANPA GEJALA, ISTRI WALI KOTA PONTIANAK DIISOLASI DI RUMAH   ISTRI DARI WALI KOTA PONTIANAK, KALBAR, EDI RUSDI KAMTONO, POSITIF TERINFEKSI KORONA TANPA GEJALA   POSITIF TERINFEKSI KORONA, PUTRA BUNGSU DARI WALI KOTA JAMBI SYARIF FASHA MENINGGAL DUNIA    POLDA METRO JAYA PERPANJANG PENAHANAN JOHN KEI HINGGA 19 OKTOBER 2020   POLISI BERENCANA JEMPUT LHI, PEREMPUAN YANG MENGAKU DILECEHKAN DAN DIPERAS SAAT TES CEPAT DI BANDARA SOEKARNO-HATTA   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 1.425 ORANG: 1.002 SEMBUH, 120 MENINGGAL DUNIA, 303 DALAM PERAWATAN   PEMERINTAH: ADA 1 PROVINSI DAN 8 KABUPATEN/KOTA YANG TERAPKAN PSBB   PEMERINTAH: ADA 34 PROVINSI DAN 494 KABUPATEN/KOTA YANG TERDAMPAK KORONA   PEMERINTAH: HINGGA 21 SEPTEMBER 2020, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 2.950.173 SPESIMEN   HINGGA 21 SEPTEMBER 2020, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 108.880 ORANG    HINGGA 21 SEPTEMBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI INDONESIA: 248.852 POSITIF, 180.797 SEMBUH, 9.677 MENINGGAL DUNIA