Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah AS Bersiap Distribusikan Vaksin Covid 19

Kamis, 17 September 2020 | 05:20 WIB
pemerintah-as-bersiap-distribusikan-vaksin-covid-19
Ilustrasi: vaksin virus corona atau Covid-19. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)

NEW YORK, KOMPAS.TV – Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan, mereka siap mendistribusikan vaksin Covid 19, satu hari setelah pihak otoritas mengizinkannya. Persiapan distribusi kini mulai dilakukan, seiring dengan kabar tentang terbukanya kemungkinan vaksin tersedia pada akhir tahun ini.

Seperti dilansir dari Reuters, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, bersama dengan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, mengadakan konferensi pers pada Rabu (16/9/2020). Dalam konferensi pers ini, pemerintah merilis dokumen tentang rencana distribusi vaksin Covid 19 yang akan disalurkan pada layanan kesehatan masyarakat di setiap negara bagian di AS.

“Tujuan kami dalam Operation Warp Speed ini adalah, 24 jam setelah peraturan otorisasi dikeluarkan, kami telah memiliki vaksin yang siap dipindahkan ke bebagai lokasi administrasi,” kata salah satu pejabat seperti dilansir dari Reuters.

Vaksin akan dialokasikan ke setiap negara bagian di AS. Kemudian pemberian vaksin akan diprioritaskan pada kelompok orang dengan kondisi yang dianggap paling rentan tertular Covid 19. Kelompok orang yang diprioritaskan mendapat vaksin ini terdapat dalam panduan yang disusun oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.   

Dokumen tersebut, yang disebut Buku Panduan Interim Program Vaksinasi Covid-19, menyebutkan vaksin Covid-19 kemungkinan sudah tersedia pada awal November 2020 secara terbatas. Jika izin sudah keluar pada saat itu, maka vaksin bisa langsung didistribusikan. Pasokan vaksin diharapkan dapat meningkat secara substansial pada tahun 2021.

Pejabat dari Departemen Kesehatan juga menyebutkan, mereka tengah menupayakan agar vaksin bisa didapatkan masyarakat AS secara gratis.

Editor : Tussie Ayu



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Di Parit

Minggu, 20 September 2020 | 03:33 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
06:25
ANTOINE GRIEZMANN ANTARKAN BARCELONA MENANG 1-0 ATAS ELCHE   GARETH BALE RESMI KEMBALI KE TOTTENHAM HOTSPUR   VALENCIA KALAH 1-2 ATAS CELTA VIGO DALAM LAGA PEKAN KEDUA LIGA SPANYOL DI STADION BALAIDOS, VIGO   WEBINAR NARASI BRAND BERSAMA TARRENCE PALAR DAN HANDOKO HENDROYONO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   IRLANDIA LAKUKAN PEMBATASAN DI DUBLIN SETELAH TERJADI PENINGKATAN KASUS POSITIF COVID-19   MENTERI LUHUT B PANDJAITAN TEGASKAN TENAGA KESEHATAN DIPRIORITAS TERTINGGI MENDAPAT VAKSIN COVID-19   MAROKO TEKEN KONTRAK PEMBELIAN VAKSIN COVID-19 DENGAN PERUSAHAAN FARMASI ASAL RUSIA R-PHARM   LPSK SIAP LINDUNGI SAKSI DALAM KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAKSAAN AGUNG   PEMPROV RIAU SEDIAKAN FASILITAS ISOLASI UNTUK 1.521 PASIEN COVID-19 DENGAN GEJALA RINGAN DAN TANPA GEJALA   KETUA MPR MINTA KPU BERSINERGI DENGAN DUKCAPIL MEMVERIFIKASI DAN MEMUTAKHIRKAN DATA PEMILIH PADA PILKADA 2020   LPSK HARAP PEMERINTAH BENAHI PROSES PERIZINAN DALAM PEREKRUTAN & PENEMPATAN ANAK BUAH KAPAL (ABK)   PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   KPU SIDOARJO, JATIM, SIAPKAN BILIK KHUSUS PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS DI TPS