Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah AS Bersiap Distribusikan Vaksin Covid 19

Kompas.tv - 17 September 2020, 05:20 WIB
pemerintah-as-bersiap-distribusikan-vaksin-covid-19
Ilustrasi: vaksin virus corona atau Covid-19. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock)
Penulis : Tussie Ayu

NEW YORK, KOMPAS.TV – Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyatakan, mereka siap mendistribusikan vaksin Covid 19, satu hari setelah pihak otoritas mengizinkannya. Persiapan distribusi kini mulai dilakukan, seiring dengan kabar tentang terbukanya kemungkinan vaksin tersedia pada akhir tahun ini.

Seperti dilansir dari Reuters, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, bersama dengan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, mengadakan konferensi pers pada Rabu (16/9/2020). Dalam konferensi pers ini, pemerintah merilis dokumen tentang rencana distribusi vaksin Covid 19 yang akan disalurkan pada layanan kesehatan masyarakat di setiap negara bagian di AS.

“Tujuan kami dalam Operation Warp Speed ini adalah, 24 jam setelah peraturan otorisasi dikeluarkan, kami telah memiliki vaksin yang siap dipindahkan ke bebagai lokasi administrasi,” kata salah satu pejabat seperti dilansir dari Reuters.

Vaksin akan dialokasikan ke setiap negara bagian di AS. Kemudian pemberian vaksin akan diprioritaskan pada kelompok orang dengan kondisi yang dianggap paling rentan tertular Covid 19. Kelompok orang yang diprioritaskan mendapat vaksin ini terdapat dalam panduan yang disusun oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.   

Dokumen tersebut, yang disebut Buku Panduan Interim Program Vaksinasi Covid-19, menyebutkan vaksin Covid-19 kemungkinan sudah tersedia pada awal November 2020 secara terbatas. Jika izin sudah keluar pada saat itu, maka vaksin bisa langsung didistribusikan. Pasokan vaksin diharapkan dapat meningkat secara substansial pada tahun 2021.

Pejabat dari Departemen Kesehatan juga menyebutkan, mereka tengah menupayakan agar vaksin bisa didapatkan masyarakat AS secara gratis.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.