Kompas TV internasional kompas dunia

Biden: Saya Percaya Ilmuwan, Bukan Percaya Pada Trump

Kamis, 17 September 2020 | 04:53 WIB
biden-saya-percaya-ilmuwan-bukan-percaya-pada-trump
Calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden. (Sumber: AP Photo)

WILMINGTON, KOMPAS.TV – Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden mengatakan dia percaya pada para ilmuwan tentang potensi vaksin virus corona dan dia tidak mempercayai Presiden Donald Trump.

Komentar ini muncul saat dilakukan perdebatan tentang vaksin dan bagaimana distribusi vaksin jika sudah siap. Topik ini menjadi pusat perhatian dalam visi dan misi pemilihan presiden, tujuh minggu sebelum pemilihan digelar pada November mendatang.

Trump dan Biden saling melempar tuduhan, bahwa satu sama lain merusak kepercayaan publik pada potensi vaksin virus corona. Biden menyatakan keprihatinannya atas proses persetujuan vaksin yang dapat dipolitisasi. Sementara Trump membantah pernyataan itu.

Dalam sebuah acara di Wilmington, Delaware, Rabu (16/9/2020), Biden menyebut soal ketidakmampuan dan ketidakjujuran Trump seputar distribusi alat pelindung diri dan pengujian virus corona.

"Saya percaya vaksin, saya percaya ilmuwan, tapi saya tidak percaya Donald Trump, dan saat ini, orang Amerika juga tidak bisa (mempercayainya)," kata Biden seperti dilansir dari Associated Press.

Biden menambahkan bahwa proses persetujuan vaksin harus benar-benar transparan dan dievaluasi oleh dewan ilmuwan agar menimbulkan opini publik yang tidak bias.

Biden juga membahas proposal distribusi vaksin yang telah dibuat oleh ahli kesehatan masyarakat. Menurutnya, proposal ini mengutamakan orang-orang dengan resiko besar yang akan diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin. Orang-orang dengan resiko besar ini termasuk mereka yang berada di panti jompo dan orang-orang yang telah memiliki penyakit serius sebelumnya. Ia mengkritik bahwa proposal ini tidak menyertakan orang-orang dalam komunitas minoritas untuk diprioritaskan mendapat vaksin.

Editor : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Di Parit

Minggu, 20 September 2020 | 03:33 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:47
ANTOINE GRIEZMANN ANTARKAN BARCELONA MENANG 1-0 ATAS ELCHE   GARETH BALE RESMI KEMBALI KE TOTTENHAM HOTSPUR   BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   WEBINAR NARASI BRAND BERSAMA TARRENCE PALAR DAN HANDOKO HENDROYONO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   GUBERNUR JAWA TIMUR SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   IRLANDIA LAKUKAN PEMBATASAN DI DUBLIN SETELAH TERJADI PENINGKATAN KASUS POSITIF COVID-19   MENTERI LUHUT B PANDJAITAN TEGASKAN TENAGA KESEHATAN DIPRIORITAS TERTINGGI MENDAPAT VAKSIN COVID-19   MAROKO TEKEN KONTRAK PEMBELIAN VAKSIN COVID-19 DENGAN PERUSAHAAN FARMASI ASAL RUSIA R-PHARM   LPSK SIAP LINDUNGI SAKSI DALAM KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAKSAAN AGUNG   PEMPROV RIAU SEDIAKAN FASILITAS ISOLASI UNTUK 1.521 PASIEN COVID-19 DENGAN GEJALA RINGAN DAN TANPA GEJALA   KETUA MPR MINTA KPU BERSINERGI DENGAN DUKCAPIL MEMVERIFIKASI DAN MEMUTAKHIRKAN DATA PEMILIH PADA PILKADA 2020   LPSK HARAP PEMERINTAH BENAHI PROSES PERIZINAN DALAM PEREKRUTAN & PENEMPATAN ANAK BUAH KAPAL (ABK)   PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   KPU SIDOARJO, JATIM, SIAPKAN BILIK KHUSUS PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS DI TPS   

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcache' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: