Kompas TV internasional kompas dunia

Sekjen PBB: Covid 19 Sudah di Luar Kendali

Kompas.tv - 17 September 2020, 03:38 WIB
sekjen-pbb-covid-19-sudah-di-luar-kendali
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Antonio Guterres. (Sumber: AFP/JEAN-GUY PYTHON)
Penulis : Tussie Ayu

NEW YORK, KOMPAS.TV – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres menyatakan, pandemi COVID 19 saat ini sudah di luar kendali. Dunia tengah mendekati sebuah tonggak yang paling menyedihkan, yaitu sebanyak 1 juta orang kehilangan nyawa karena virus.

"Covid 19 adalah ancaman keamanan global nomor satu di dunia saat ini, yang menimbulkan krisis yang belum pernah ada sebelumnya," ujar Guterres dalam konferensi pers yang digelar pada Rabu (16/9/2020), seperti dilansir dari Associated Press.

Karena  itu, Guterres menyerukan gencatan senjata global pada 23 Maret untuk mengatasi pandemi yang tengah dihadapi dunia.

Dalam pidatonya kepada para pemimpin dunia pada pertemuan virtual Majelis Umum PBB pada Selasa depan, Guterres menyampaikan, dia akan membuat seruan yang kuat kepada komunitas internasional untuk memobilisasi segala upaya, agar gencatan senjata global terwujud pada akhir tahun ini.

Sekjen PBB juga mendesak komunitas internasional untuk bersatu melawan virus. Dia menekankan bahwa vaksin saja tidak akan dapat menyelesaikan krisis.

Kemudian ia juga mengingatkan, vaksin harus dilihat sebagai barang milik publik dunia, karena COVID 19 tidak mengenal batas. “Vaksin harus terjangkau dan tersedia untuk semua, karena vaksin adalah milik rakyat,” katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x