Kompas TV internasional kompas dunia

Sekjen PBB: Covid 19 Sudah di Luar Kendali

Kamis, 17 September 2020 | 03:38 WIB
sekjen-pbb-covid-19-sudah-di-luar-kendali
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Antonio Guterres. (Sumber: AFP/JEAN-GUY PYTHON)

NEW YORK, KOMPAS.TV – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres menyatakan, pandemi COVID 19 saat ini sudah di luar kendali. Dunia tengah mendekati sebuah tonggak yang paling menyedihkan, yaitu sebanyak 1 juta orang kehilangan nyawa karena virus.

"Covid 19 adalah ancaman keamanan global nomor satu di dunia saat ini, yang menimbulkan krisis yang belum pernah ada sebelumnya," ujar Guterres dalam konferensi pers yang digelar pada Rabu (16/9/2020), seperti dilansir dari Associated Press.

Karena  itu, Guterres menyerukan gencatan senjata global pada 23 Maret untuk mengatasi pandemi yang tengah dihadapi dunia.

Dalam pidatonya kepada para pemimpin dunia pada pertemuan virtual Majelis Umum PBB pada Selasa depan, Guterres menyampaikan, dia akan membuat seruan yang kuat kepada komunitas internasional untuk memobilisasi segala upaya, agar gencatan senjata global terwujud pada akhir tahun ini.

Sekjen PBB juga mendesak komunitas internasional untuk bersatu melawan virus. Dia menekankan bahwa vaksin saja tidak akan dapat menyelesaikan krisis.

Kemudian ia juga mengingatkan, vaksin harus dilihat sebagai barang milik publik dunia, karena COVID 19 tidak mengenal batas. “Vaksin harus terjangkau dan tersedia untuk semua, karena vaksin adalah milik rakyat,” katanya.

Editor : Tussie Ayu



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Di Parit

Minggu, 20 September 2020 | 03:33 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
04:15
PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   GUGUS TUGAS COVID-19 SURABAYA: MASKER SCUBA TAK EFEKTIF MENANGKAL PENYEBARAN COVID-19   PEMKOT SURABAYA IMBAU WARGA TAK PAKAI MASKER SCUBA   GUBERNUR JAWA TIMUR SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   ANTISIPASI LONJAKAN KASUS KORONA, MENKES MINTA PEMDA SIAPKAN PENDIRIAN RUMAH SAKIT LAPANGAN   KETUM PARTAI GERINDRA PRABOWO SUBIANTO TUNJUK SUFMI DASCO AHMAD SEBAGAI KETUA HARIAN DPP PERIODE 2020-2025   MENHUB SEBUT SUBSIDI TRANSPORTASI BERBASIS BUS DENGAN SKEMA "BUY THE SERVICE" AKAN BERSIFAT "MULTIYEARS"   MENHUB AJAK SWASTA BERINVESTASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR   PEMPROV SUMSEL: JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA MERUPAKAN INFRASTRUKTUR PENGHUBUNG PROVINSI SUMSEL DAN BABEL   PEMPROV SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG SEPAKATI LOKASI JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA   KPU KALIMANTAN SELATAN INGATKAN PASLON PERKUAT KAMPANYE DARING   KPU MAMUJU, SULAWESI BARAT, MINTA MASYARAKAT PEMILIH TIDAK JUAL SUARA PADA PILKADA 2020   DORONG PENGEMBANGAN SAPI UNGGUL, MENTAN BERENCANA PERBANYAK BALAI EMBRIO