Kompas TV nasional sosial

KPAI Prihatin Kasus Anak Dipukul Sapu Hingga Meninggal Dunia, Ini Pengingat Pentingkan Urusan Anak

Kompas.tv - 17 September 2020, 07:50 WIB
kpai-prihatin-kasus-anak-dipukul-sapu-hingga-meninggal-dunia-ini-pengingat-pentingkan-urusan-anak
Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto (kanan) dan Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati (kiri) saat menyampaikan hasil rapat pleno yang dilakukan senin (25/2/2020). (Sumber: Sumber : KOMPASTV)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) prihatin dengan adanya kekerasan yang dilakukan oleh Ibu IS (24 Tahun) dan dibantu Bapak LH (24 Tahun) kepada anaknya yang berusia 8 tahun, hingga anaknya meninggal dunia. 

Baca Juga: KPAI: Kasus Covid-19 pada Anak Meningkat

Dalam melakukan pengawasan terhadap kasus ini, KPAI telah berkoordinasi dengan Kanit PPA Polres Lebak untuk penegakan hukum atas kasus tersebut. 

KPAI juga telah berkoordinasi dengan P2TP2A Kabupaten Lebak untuk melakukan pendampingan terhadap saudara kembar anak KS. 

"Kasus ini menjadi pengingat bagi seluruh orang tua khususnya dan penyelenggara pendidikan umumnya untuk mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak selama anak-anak menjalani proses Belajar Dari Rumah (BDR)," ujar Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/9/2020).
 
"Anak sendiri mengalami kebosanan yang luar biasa selama pandemi covid 19, sehingga anak perlu didampingi dan dibantu oleh orang tua agar dapat menjalani proses pendidikan dan tumbuh kembangnya dengan baik," imbuhnya.

Menurut Rita, orang tua penting memahami kondisi psikologis dan fase tumbuh kembang anak. 

Diketahui anak KS (8 tahun) adalah siswa kelas 1 yang sebelumnya sempat mengenyam PAUD. 

Anak kelas 1 SD tentu sangat membutuhkan proses adaptasi dari jenjang pendidikan PAUD berpindah ke sekolah dasar. 

Dalam situasi pandemi, anak masih beradaptasi untuk mengerti bahwa sekolahnya sudah berganti, teman-temannya berganti, juga gurunya. 

Secara akademik, anak-anak juga mulai beradaptasi pada sistem yang lebih teratur.

Belum lagi tuntutan kemampuan calistung pada anak yang seringkali dipaksakan padahal secara kurikulum pun ada penyederhanaan kurikulum yang seharusnya diterapkan selama pandemi. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.