Kompas TV klik360 cerita indonesia

Menko Polhukam: "Semua Pelaku Penusukan Ulama Punya Pola Yang Sama"

Kamis, 17 September 2020 | 04:35 WIB

PADANG, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme atau BNPT, Kepolisian Republik Indonesia dan Badan Intelijen Negara (BIN) mengusut kasus penyerangan ulama yang pernah terjadi sebelum peristiwa penusukan terhadap Syekh Ali Jaber.

Baca Juga: Dijenguk, Syekh Ali Jaber Panggil Mahfud MD dengan Sebutan Guru

Perintah presiden ini diungkap oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Menko Polhukam yang sedang dalam kunjungan kerja ke Sumatera Barat, menyampaikan hal tersebut di ruang VIP Bandara Minangkabau, Sumatera Barat, Rabu (16/9/2020).

Baca Juga: Lewat Mahfud MD, Syekh Ali Jaber Titip Pesan untuk Presiden Jokowi

Presiden ingin kasus-kasus penusukan ulama sebelumnya diusut tuntas, agar tidak ada spekulasi liar yang berkembang di masyarakat.

Mahfud menegaskan, akan melakukan penyelidikan ulang kasus penyerangan terhadap ulama dengan motif sakit jiwa, selama 3 tahun ke belakang. 

Menko Polhukam juga menyebut adanya kemungkinan pelaku merupakan kelompok terorganisir karena memiliki motif dan pola yang sama.

Mahfud menjamin, pelaku penusukan terhadap Syekh Ali Jaber akan dibawa ke Pengadilan melalui unsur actus reus (perbuatan melanggar UU Pidana). 


 

Editor : aryo bimo



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Warga Tutup Jalan Akibat Covid-19

Selasa, 29 September 2020 | 07:17 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
08:06
KPU MAKASSAR BATASI SUMBANGAN DANA KAMPANYE BAGI PASLON MAKSIMAL RP 95,6 MILIAR   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO PASTIKAN NETRALITAS TNI DALAM PILKADA 2020   LPSK SIAP BERIKAN PERLINDUNGAN KEPADA SAKSI KASUS PENEMBAKAN PENDETA DI PAPUA    POLRES EMPAT LAWANG, SUMSEL, GAGALKAN PENYELUNDUPAN 748 KILOGRAM GANJA KERING ASAL ACEH   KEMDIKBUD MINTA PESERTA DAN TENAGA PENDIDIK LAPOR PADA SEKOLAH JIKA BELUM DAPATKAN KUOTA INTERNET    GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO SEBUT SUDAH TAK ADA ZONA MERAH COVID-19 DI JAWA TENGAH   CEGAH PENULARAN COVID-19 DI KALANGAN LANSIA, PEMKOT SURABAYA BERI ALAT PENGUKUR KADAR OKSIGEN DAN VITAMIN KE LANSIA   WAPRES MA'RUF AMIN: PEMUKA AGAMA BERPERAN PENTING CEGAH PENULARAN COVID-19   KETUA BAWASLU SEBUT PILKADA DI TENGAH PANDEMI KORONA TIDAK MUDAH   KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB LEBAK BERENCANA TERAPKAN PSBB MULAI 1-20 OKTOBER 2020   PEMPROV BANGKA BELITUNG TERBITKAN KEBIJAKAN LARANGAN ISOLASI MANDIRI PASIEN COVID-19 CEGAH KLASTER KELUARGA   KEPALA SATPOL PP JAKARTA PUSAT SEBUT PELANGGAN MASKER DI JAKPUS MENURUN PADA MINGGU KEDUA PSBB   KETUA KOMITE PENANGANAN COVID-19: TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR RS COVID-19 SECARA NASIONAL CAPAI 46,29 PERSEN    KETUA SATGAS COVID-19: BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN USUL HARGA STANDAR TES USAP RP 797.000