Kompas TV internasional kompas dunia

Parlemen Menunjuk Yoshihide Suga Sebagai Perdana Menteri Baru Jepang

Rabu, 16 September 2020 | 14:59 WIB
parlemen-menunjuk-yoshihide-suga-sebagai-perdana-menteri-baru-jepang
Perdana Menteri Terpilih Jepang Yoshihide Suga. (Sumber: AP Photo)

TOKYO, KOMPAS.TV - Parlemen Jepang memilih Yoshihide Suga sebagai perdana menteri pada Rabu (16/9/2020). Suga menggantikan pemimpin lama Shinzo Abe yang mengundurkan diri karena sakit.

Suga telah dipilih sebagai pemimpin partai yang berkuasa pada hari Senin (14/9/2020), dan memastikan dia akan menggantikan Abe sebagai perdana menteri Jepang. Suga, yang merupakan kepala sekretaris kabinet di pemerintahan Abe, akan mengumumkan susunan kabinet pada Rabu malam.

Suga menekankan latar belakangnya sebagai anak petani dan berjanji akan melayani kepentingan rakyat biasa dan masyarakat pedesaan. Dia mengatakan akan melanjutkan kebijakan Abe yang belum selesai, dan bahwa prioritas utamanya adalah memerangi virus corona dan memperbaiki ekonomi Jepang yang tengah dilanda pandemi.

Abe mengatakan akan mendukung pemerintahan Suga. Abe juga berterima kasih kepada orang-orang atas pengertian mereka atas pengunduran dirinya dan meminta dukungan kuat untuk kepemimpinan yang akan datang di bawah Suga.

"Saya mengabdikan tubuh dan jiwa saya untuk pemulihan ekonomi dan diplomasi, juga untuk melindungi kepentingan nasional Jepang. Setiap hari sejak kita berkuasa," kata Abe kepada wartawan di kantor perdana menteri sebelum menuju pertemuan kabinet terakhirnya. "Selama ini, saya mampu mengatasi berbagai tantangan bersama dengan orang-orang, dan saya bangga pada diri saya sendiri," ujar Abe seperti dilansir dari Associated Press.

Suga mendapatkan dukungan dari orang-orang penting di partai dan pendukung mereka sejak awal masa kampanye, dengan harapan dia akan melanjutkan gaya kepempinan Abe.

Suga telah menjadi pendukung setia Abe sejak tugas pertama Abe sebagai perdana menteri dari 2006 hingga 2007. Masa jabatan Abe tiba-tiba berakhir karena sakit, dan Suga membantunya kembali sebagai perdana menteri pada 2012.

Editor : Tussie Ayu

1
2

TAG : SugaJepang


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Di Parit

Minggu, 20 September 2020 | 03:33 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:15
PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   GUGUS TUGAS COVID-19 SURABAYA: MASKER SCUBA TAK EFEKTIF MENANGKAL PENYEBARAN COVID-19   PEMKOT SURABAYA IMBAU WARGA TAK PAKAI MASKER SCUBA   GUBERNUR JAWA TIMUR SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   ANTISIPASI LONJAKAN KASUS KORONA, MENKES MINTA PEMDA SIAPKAN PENDIRIAN RUMAH SAKIT LAPANGAN   KETUM PARTAI GERINDRA PRABOWO SUBIANTO TUNJUK SUFMI DASCO AHMAD SEBAGAI KETUA HARIAN DPP PERIODE 2020-2025   MENHUB SEBUT SUBSIDI TRANSPORTASI BERBASIS BUS DENGAN SKEMA "BUY THE SERVICE" AKAN BERSIFAT "MULTIYEARS"   MENHUB AJAK SWASTA BERINVESTASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR   PEMPROV RIAU SEDIAKAN FASILITAS ISOLASI UNTUK 1.521 PASIEN COVID-19 DENGAN GEJALA RINGAN DAN TANPA GEJALA   KETUA MPR MINTA KPU BERSINERGI DENGAN DUKCAPIL MEMVERIFIKASI DAN MEMUTAKHIRKAN DATA PEMILIH PADA PILKADA 2020   LPSK HARAP PEMERINTAH BENAHI PROSES PERIZINAN DALAM PEREKRUTAN & PENEMPATAN ANAK BUAH KAPAL (ABK)   PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   KPU SIDOARJO, JATIM, SIAPKAN BILIK KHUSUS PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS DI TPS