Kompas TV nasional bedah peristiwa

Putusan Sidang Etik Diundur, ICW: Dewas KPK Lambat Putuskan Kasus Firli Bahuri!

Rabu, 16 September 2020 | 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sidang etik Dewan Pengawas KPK dengan agenda pembacaan putusan untuk Ketua KPK Firli Bahuri pada Selasa kemarin, ditunda.

Penundaan sidang karena ada Dewang Pengawas yang bersidang melakukan kontak dengan salah satu pegawai KPK yang terinfeksi covid-19.

KPK akan langsung melakukan tes usap kepada sejumlah karywan, sebagai upaya pencegahan penularan virus yang lebih luas.

Sidang digelar atas aduan koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia, MAKI, Boyamin Saiman.

Karena itu, Boyamin menilai Firli bergaya hidup mewah. Bahkan, kemarin Boyamin juga mendatangi KPK untuk memberikan bukti tambahan yang menurutnya bisa memberatkan Firli Bahuri.

Selain dugaan hedonisme, ia juga menilai ada dugaan gratifikasi di balik penggunaan helikopter oleh Firli Bahuri.

Menurut Tumpak Hatorangan Panggabean, Ketua Dewan Pengawas sekaligus Ketua SIdang Etik Ketua KPK, Firli Bahuri, Dewan perlu mendengar pleidoi Firli sebelum memutuskan bersalah sesuai tingkat pelanggaran.

Sementara itu, lembaga pemantau korupsi, ICW menilai Dewan Pengawas lamban dalam memutus sidang etik terhadap Ketua KPK, Firli Bahuri.

ICW menilai bukti Firli melanggar kode etik sudah ada.

Publik menanti apa putusan yang akan diberikan Dewan Pengawas KPK, karena putusan ini akan menjadi pertaruhan kredibilitas KPK dan Dewan Pengawas KPK.

Untuk membahasnya, bergabung secara online, mantan Wakil Ketua KPK, M Jasin. Lalu ada koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia, MAKI, Boyamin Saiman. Serta Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah, Azyumardi Azra. 

Penulis : Dea Davina


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:10
MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS BENTUK TIM MANAJEMEN KRISIS PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI 2021   KEMENKOP UKM DAN KEMENPAREKRAF BERKOLABORASI UNTUK KEMBANGKAN LIMA DESTINASI SUPER-PRIORITAS   KOMISI II DPR MEMBENTUK PANITIA KERJA TERKAIT EVALUASI PELAKSANAAN PILKADA SERENTAK 2020   SEKDA DIY: PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL YOGYAKARTA-BAWEN MEMASUKI TAHAPAN PERSIAPAN PENGADAAN TANAH   KADIV HUMAS POLRI: MAKALAH YANG DIBUAT CALON KAPOLRI KOMJEN LISTYO SIGIT PRABOWO SUDAH DISERAHKAN KE DPR   TNI SIAPKAN KAPAL RUMAH SAKIT KRI SOEHARSO UNTUK BANTU PARA KORBAN GEMPA DI SULAWESI BARAT   MENTERI BUMN ERICK THOHIR: 73 RUMAH SAKIT DAN 89 KLINIK BUMN SIAP DIGUNAKAN UNTUK PROGRAM VAKSINASI COVID-19    MENTERI BUMN ERICK THOHIR MENINJAU PROSES VAKSINASI COVID-19 BAGI TENAGA KESEHATAN DI RSPP JAKARTA   MENKEU SRI MULYANI MENDORONG PEMDA TURUT SERTA DALAM PROGRAM VAKSINASI COVID-19   GUBERNUR BANTEN WAHIDIN HALIM KEMBALI MEMPERPANJANG PSBB MULAI 19 JANUARI HINGGA 17 FEBRUARI 2021   DARI TOTAL 1.912, 35 TENAGA KESEHATAN DI KOTA SOLO TAK HADIRI PELAKSANAAN VAKSINASI TANPA KETERANGAN   DINKES KOTA SOLO: HINGGA 18 JANUARI 2021, 1.912 TENAGA KESEHATAN TERDAFTAR SEBAGAI PENERIMA VAKSIN COVID-19   KPK: 6 ORANG TAHANAN KPK YANG DIRAWAT DI RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN DINYATAKAN SEMBUH   DINKES DKI MINTA KAPASITAS RUMAH SAKIT RUJUKAN UNTUK PASIEN COVID-19 DITAMBAH HINGGA 40 PERSEN