Kompas TV regional update corona

Ruang ICU di Sembilan RS Rujukan Covid-19 di Depok Sudah Penuh

Kompas.tv - 16 September 2020, 13:06 WIB
Penulis : Reny Mardika

DEPOK, KOMPAS.TV - 6 bulan cenderung menyepelekan pandemi Covid-19, kapasitas rumah sakit yang menipis kini jadi kenyataan, salah satunya di Kota Depok.

Seluruh ruang ICU di sembilan rumah sakit rujukan Covid-19 kini sudah penuh.

Ke-9 rumah sakit rujukan di Depok ini kini tak bisa lagi menampung pasien kritis yang membutuhkan ventilator.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun datang meninjau fasilitas kesehatan di Depok, Bogor, dan Bandung, mencari solusinya.

"Ruang ICU yang tekanan rendah, itu yang harus ditingkatkan. Kalau yang sedang dan ringan relatif lebih terkendali. Maka kita akan fokus membantu RSUD ini, nanti kita bahas secara teknis menguatkan tipe ke III pasien yaitu pasien yang berat yang butuh perlengkapan lebih kuat lagi," ujar Ridwan Kamil.

Tak hanya di Depok, di Jakarta pun kondisinya tak jauh berbeda.

Senin (14/09/2020) lalu Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo melaporkan tingkat keterisian ruang ICU di 20 rumah sakit di Jakarta mencapai 100 persen.

Pemerintah pun berjanji menambah fasilitas isolasi mandiri terutama bagi pasien Covid-19 tak bergejala maupun bergejala ringan dan sedang.

Hotel bintang dua dan tiga disiapkan untuk menampung pasien Covid-19 tak bergejala, sementara wisma atlet tower 4 dan 5 di Kemayoran dibuka untuk pasien bergejala ringan dan sedang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x