Kompas TV klik360 cerita indonesia

Raup Cuan dari Budidaya Anggrek

Rabu, 16 September 2020 | 06:51 WIB

LAMPUNG, KOMPASTV – Memiliki hobi tak selalu menghabiskan uang.

Banyak orang yang mampu menjadikan hobi sebagai sumber pundi-pundi, apalagi di tengah pandemi.

Melina, adalah salah satu pecinta anggrek di Bandar Lampung.

Ia adalah pemilik dari galeri Ananda Orchid, tempat penjualan beragam anggrek di Bandar Lampung.

Usahanya ini bermula dari hobi mengkoleksi anggrek bersama sang ibunda. 

“Kita ini berawal dari hobi. Kebetulan mama saya sendiri itu hobi anggrek, berawal dari kolektor”, ungkap Melina (15/9). 

Baca Juga: Hidroponik : Solusi Budidaya Tanaman Ditengah Covid-19


Ia menambahkan, saat koleksi anggreknya semakin banyak, niat untuk menjual anggrek tersebut tiba-tiba muncul. 

“Lama-lama anggreknya semakin banyak, jadi ada niat untuk dijual anggreknya. Pertama kali kita jual anggrek ini online”, pungkasnya. 

Beragam anggrek ia budidayakan di galeri miliknya, seperti jenis dendrobium, oncidium, gramma, anggrek bulan, dan banyak jenis lainnya. 


Kini, seluruh anggrek kolesinya telah dipasarkan di seluruh Indonesia. Harga satu anggrek pun juga beragam, dari 60 ribu hingga jutaan rupiah.

Berkat ketekunannya dalam menjalani hobi tersebut, ia telah mampu menciptakan lapangan pekerjaan, tak hanya bagi dirinya sendiri, namun juga bagi orang lain.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?
 

Editor : Abdur Rahim



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:44
NASA DAN NOKIA BERENCANA BANGUN JARINGAN 4G DI PERMUKAAN BULAN   UNGGAH SWAFOTO SAAT DEMO DI THAILAND BISA DIANCAM HUKUMAN 2 TAHUN PENJARA   SATGAS COVID-19 SEBUT PEMBATASAN MOBILITAS WARGA EFEKTIF TEKAN PENULARAN DAN KEMATIAN AKIBAT KORONA    PEMKAB MAGETAN, JATIM, BELI 1 UNIT MOBIL PCR MELALUI PENGADAAN DANA APBD SEHARGA RP 4 MILIAR   BUPATI BANYUMAS SEBUT GURU AKAN DITES USAP SECARA ACAK DALAM UJI COBA BELAJAR TATAP MUKA DI 3 SEKOLAH   TIGA SEKOLAH DI BANYUMAS, JATENG, MULAI UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DALAM PEKAN INI   KPK LIMPAHKAN BERKAS 3 MANTAN PIMPINAN DPRD JAMBI ATAS KASUS SUAP RAPBD KE PENUNTUTAN AGAR SEGERA DISIDANGKAN   BNPB BERHARAP PEMERINTAH DAERAH ALOKASIKAN DANA DARI APBD UNTUK MERAWAT SUNGAI   MENKOP DAN UKM TETEN MASDUKI: SERTIFIKASI HALAL BISA TINGKATKAN OMZET PENJULAN UMKM   WAMEN BUMN KARTIKA WIRJOATMODJO PREDIKSI PENYALURAN KREDIT PERBANKAN AKAN MULAI BANGKIT PADA KUARTAL IV-2020   STASIUN MRT JAKARTA BUNDARAN HI TELAH DIBUKA KEMBALI DAN LAYANI PERJALANAN MALAM SETELAH MASSA DEMO BUBARKAN DIRI   BLOKADE KAWAT DURI DI JALAN MEDAN MERDEKA BARAT, JAKARTA PUSAT, DIBUKA SETELAH MASSA DEMO BUBARKAN DIRI   MENLU RETNO DAN MENLU JEPANG AKAN BAHAS SECARA DETAIL SOAL PEMBUKAAN PERJALANAN BISNIS KEDUA NEGARA DI TENGAH PANDEMI   PRESIDEN JOKOWI DAN PM JEPANG YOSHIHIDE SUGA SEPAKAT BUKA PERJALANAN BISNIS DI TENGAH PANDEMI KORONA