Kompas TV internasional kompas dunia

Beberapa Negara Bagian Longgarkan Aturan, Para Ahli Khawatir Covid 19 Kembali Meningkat di AS

Rabu, 16 September 2020 | 06:07 WIB
beberapa-negara-bagian-longgarkan-aturan-para-ahli-khawatir-covid-19-kembali-meningkat-di-as
Seorang pemilik bar di Florida mengatakan bar telah diperlakukan tidak adil selama wabah virus corona. Dia menghabiskan Senin malam, 14 September 2020, di barnya dan berharap lebih banyak pelanggan yang datang kembali. Sekarang Florida telah melonggarkan batasan, untuk memulihkan kembali perekonomiannya. (Sumber: Foto AP / Bobby Caina Calvan)

PROVIDENCE, KOMPAS.TV- Pejabat negara bagian dan lokal di sekitar Amerika Serikat (AS) kembali membatalkan aturan jarak sosial. Hal ini dilakukan setelah upaya restriksi yang gagal selama musim panas. Pelonggaran aturan ini memungkinkan bar, restoran, dan pusat kebugaran untuk tetap buka. Penggemar sepak bola tampak berkumpul tanpa masker di pertandingan sepak bola. Sedangkan Presiden Donald Trump mengadakan rapat umum dalam ruangan yang padat.

Rakyat AS mungkin melihat hal-hal seperti ini sebagai langkah baru untuk lebih dekat pada kehidupan normal. Namun para ahli kesehatan masyarakat memperingatkan, bahwa AS saat ini sedang bersiap untuk gagal lagi.

“Orang-orang menjadi sangat angkuh dalam menghadapi pandemi ini,” kata Mark Rupp, profesor dan kepala penyakit menular di Pusat Medis Universitas Nebraska, AS. Pernyataan ini menanggapi langkah Gubernur Nebraska untuk mengakhiri hampir semua pembatasan di negara bagiannya pada hari Senin (14/9/2020) lalu. Padahal saat ini kasus baru virus corona masih terus meningkat di Nebraska.

“Saya pikir hal ini akan meningkatkan penularan lebih lanjut dan akan lebih banyak orang yang jatuh sakit dan bahkan lebih banyak orang meninggal,” kata Rupp seperti dilansir dari Associated Press.

Covid 19 disalahkan sebagai biang keladi atas lebih dari 6,5 juta infeksi dan 195.000 kematian di AS. Sejauh ini, angka tersebut merupakan jumlah tertinggi di negara mana pun di seluruh dunia, menurut hitungan dari Universitas Johns Hopkins.

Sementara jumlah kasus telah turun dari rata-rata puncak, yaitu sebanyak 67.000 infeksi baru per hari pada akhir Juli. Kini jumlahnya menjadi sekitar 36.000 infeksi baru setiap hari. Namun jumlah tersebut masih dinilai sangat tinggi. Kematian masih terjadi sekitar 750 jiwa per hari, turun dari puncak lebih dari 2.200 per hari pada akhir April.

Dalam beberapa hari terakhir, Mississippi telah mengizinkan restoran untuk meningkatkan kapasitas pelanggan mereka hingga 75%. New Jersey membuka kembali gym dan makan dalam ruangan di restoran, meskipun dengan kapasitas terbatas. Gubernur Michigan mengizinkan gym dibuka kembali dan mengatur olahraga untuk dilanjutkan. Komisaris wilayah di Pinellas County, Florida, pada hari Kamis besok akan membahas apakah akan mencabut peraturan untuk memakai masker.

Editor : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Di Parit

Minggu, 20 September 2020 | 03:33 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
04:52
PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   GUGUS TUGAS COVID-19 SURABAYA: MASKER SCUBA TAK EFEKTIF MENANGKAL PENYEBARAN COVID-19   PEMKOT SURABAYA IMBAU WARGA TAK PAKAI MASKER SCUBA   GUBERNUR JAWA TIMUR SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   ANTISIPASI LONJAKAN KASUS KORONA, MENKES MINTA PEMDA SIAPKAN PENDIRIAN RUMAH SAKIT LAPANGAN   KETUM PARTAI GERINDRA PRABOWO SUBIANTO TUNJUK SUFMI DASCO AHMAD SEBAGAI KETUA HARIAN DPP PERIODE 2020-2025   MENHUB SEBUT SUBSIDI TRANSPORTASI BERBASIS BUS DENGAN SKEMA "BUY THE SERVICE" AKAN BERSIFAT "MULTIYEARS"   MENHUB AJAK SWASTA BERINVESTASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR   PEMPROV SUMSEL: JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA MERUPAKAN INFRASTRUKTUR PENGHUBUNG PROVINSI SUMSEL DAN BABEL   PEMPROV SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG SEPAKATI LOKASI JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA   KPU KALIMANTAN SELATAN INGATKAN PASLON PERKUAT KAMPANYE DARING   KPU MAMUJU, SULAWESI BARAT, MINTA MASYARAKAT PEMILIH TIDAK JUAL SUARA PADA PILKADA 2020   DORONG PENGEMBANGAN SAPI UNGGUL, MENTAN BERENCANA PERBANYAK BALAI EMBRIO   

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'memcache' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: