Kompas TV regional berita daerah

Kasus Covid-19 Tembus 1.012, Banyuwangi Zona Merah

Kompas.tv - 15 September 2020, 15:43 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, melonjak tajam. Hingga Minggu (13/09) tercatat ada 1.012 orang terjangkit virus corona. Selain dari klaster pondok pesantren, satgas penanganan covid-19 juga mendeteksi adanya 14 kantor yang menjadi klaster baru.

Padahal Kabupaten Banyuwangi sempat digadang-gadang menjadi wilayah percontohan, karena rendahnya angka penularan penyebaran covid-19, kini Kabupaten Banyuwangi justru berstatus zona merah.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, Widji Lestariono, mengatakan dalam kurun waktu sehari, satgas penanganan covid-19 merilis ada penambahan 38 tambahan kasus baru positif covid-19.

Sehingga total ada 1.012 kasus positif covid-19, dengan rincian 291 pasien telah sembuh, 690 pasien masih menjalani perawatan dan 31 pasien telah meninggal dunia.

Baca Juga: 88 Santri Ponpes Darussalam Banyuwangi Sembuh dari Covid-19

Banyaknya kasus terkonfirmasi covid-19 tak hanya berasal dari klaster pondok pesantren Darussalam Blokagung, melainkan berasal dari 14 kantor yang menjadi klaster baru dalam penyebaran covid-19.

Seperti kantor sekretariat DPRD Banyuwangi, kantor sekretariat Pemkab Banyuwangi, kantor kejaksaan, kantor pajak dan ruang operasi RSUD Blambangan.

Baca Juga: Sekda Banyuwangi Positif Covid-19, Diduga Tertular Klaster Ponpes Darussalam

Selain klaster perkantoran, satgas covid-19 Banyuwangi juga mendeteksi banyaknya jumlah kasus konfirmasi covid-19 pada klaster keluarga, yakni 83 kasus.

Tingginya angka penyebaran covid-19 tak lepas dari minimnya kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

 

#KasusCovid19Meningkat #KabupatenBanyuwangi #KlasterPerkantoran



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x