Kompas TV regional berita daerah

KPU Sosialisasi Pilkada Libatkan Kelompok Milenial dan Disabilitas

Selasa, 15 September 2020 | 15:25 WIB

JEMBER, KOMPAS.TV - Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada pilkada serentak 2020, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur, melibatkan relawan demokrasi dari berbagai latar belakang, seperti golongan milenial dan penyandang disabilitas.

50 orang relawan demokrasi pemilihan kepala daerah tahun 2020 dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember pada Senin (14/09).

Komisioner KPU Jember, Andi Wasis, mengatakan relawan demokrasi berasal dari golongan milenial dan penyandang disabilitas.

Mereka dibekali materi serta pengetahun tentang pemilihan umum kepala daerah. Materi tersebut meliputi pelaksanaan teknis dan non teknis, serta pengenalan logistik dalam pemilihan umum.

Para relawan berusia antara 17 hingga 35 tahun. Mereka berperan untuk mengedukasi pemilih dari golongan penyandang disabilitas, golongan pemuda-pemudi, komunitas, keluarga dan pemilih pemula.

Baca Juga: Petugas Gabungan Menggelar Simulasi Pengamanan Pilkada di Masa Pandemi

Relawan demokrasi kaum disabilitas, Eko Puji Purwanto, mengatakan keterlibatan penyandang disabilitas sangat diperlukan, karena angka partisipasi pemilihan umum dari pemilih berkebutuhan khusus sangat rendah.

Hal ini terjadi karena kurangnya sosialisasi tentang pemilu dan juga sarana, seperti tempat pemungutan suara, yang kurang mendukung bagi pemilih berkebutuhan khusus.

Relawan demokrasi bertugas selama 3 bulan, yakni mulai 15 September 2020 hingga 15 Desember 2020.

 

#KomisiPemilihanUmum #KPUJember #PilkadaSerentak2020 #RelawanDemokrasi

Editor : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:13
NASA DAN NOKIA BERENCANA BANGUN JARINGAN 4G DI PERMUKAAN BULAN   UNGGAH SWAFOTO SAAT DEMO DI THAILAND BISA DIANCAM HUKUMAN 2 TAHUN PENJARA   SATGAS COVID-19 SEBUT PEMBATASAN MOBILITAS WARGA EFEKTIF TEKAN PENULARAN DAN KEMATIAN AKIBAT KORONA    PEMKAB MAGETAN, JATIM, BELI 1 UNIT MOBIL PCR MELALUI PENGADAAN DANA APBD SEHARGA RP 4 MILIAR   BUPATI BANYUMAS SEBUT GURU AKAN DITES USAP SECARA ACAK DALAM UJI COBA BELAJAR TATAP MUKA DI 3 SEKOLAH   TIGA SEKOLAH DI BANYUMAS, JATENG, MULAI UJI COBA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DALAM PEKAN INI   KPK LIMPAHKAN BERKAS 3 MANTAN PIMPINAN DPRD JAMBI ATAS KASUS SUAP RAPBD KE PENUNTUTAN AGAR SEGERA DISIDANGKAN   BNPB BERHARAP PEMERINTAH DAERAH ALOKASIKAN DANA DARI APBD UNTUK MERAWAT SUNGAI   MENKOP DAN UKM TETEN MASDUKI: SERTIFIKASI HALAL BISA TINGKATKAN OMZET PENJULAN UMKM   WAMEN BUMN KARTIKA WIRJOATMODJO PREDIKSI PENYALURAN KREDIT PERBANKAN AKAN MULAI BANGKIT PADA KUARTAL IV-2020   STASIUN MRT JAKARTA BUNDARAN HI TELAH DIBUKA KEMBALI DAN LAYANI PERJALANAN MALAM SETELAH MASSA DEMO BUBARKAN DIRI   BLOKADE KAWAT DURI DI JALAN MEDAN MERDEKA BARAT, JAKARTA PUSAT, DIBUKA SETELAH MASSA DEMO BUBARKAN DIRI   MENLU RETNO DAN MENLU JEPANG AKAN BAHAS SECARA DETAIL SOAL PEMBUKAAN PERJALANAN BISNIS KEDUA NEGARA DI TENGAH PANDEMI   PRESIDEN JOKOWI DAN PM JEPANG YOSHIHIDE SUGA SEPAKAT BUKA PERJALANAN BISNIS DI TENGAH PANDEMI KORONA