Kompas TV nasional politik

Pemerintah Akan Kirim MUI dan BPOM ke China Buat Pastikan Vaksin Covid-19 Halal

Kompas.tv - 15 September 2020, 14:35 WIB
pemerintah-akan-kirim-mui-dan-bpom-ke-china-buat-pastikan-vaksin-covid-19-halal
Satu paket vaksin eksperimental untuk Covid-19 di Quality Control Laboratory di the Sinovac Biotech, Beijing, China. Gambar diambil pada 29 April 2020. (Sumber: AFP/NICOLAS ASFOURI via Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV – Menteri BUMN Eric Thohir memastikan telah menggandeng Majelis Ulama Indonesia *MUI) dalam pengembangan vaksin Covid-19 buatan China di Bandung.

Hal ini dilakukan agar tidak menjadi pertanyaan besar di masyarakat apakah vaksin dari luar negeri halal untuk digunakan.

Selain dalam proses pengembangan vaksi, Erick menyatakan pada Oktober depan pemerintah akan mengirimkan perwakilan BPOM dan MUI ke Sinovac, perushaan farmasi di China untuk melihat langsung pengembangan dan produksi vaksin Covid-19.

Baca Juga: Lapor ke Wapres, Erick Pastikan Vaksin Halal dan Siap Produksi Tahun Depan

“Kita pastikan vaksin ini halal dan sesuai standar kita,” ujar Erick saat webinar yang digelar Kementerian Perhubungan, Selasa (15/9/2020).

Erick menambahkan Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara yang paling agresif untuk mencari vaksin Covid-19.

Erick yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ini juga meyakinkan bahwa Indonesia termasuk negara yang sudah bisa mengamankan vaksin dari beberapa kerja sama yang dibuat.

Langkah ini dibuat agar kebutuhan vaksi  di Indonesia dapat terpenuhi, sehingga masyarakat tidak perlu cemas untuk tidak mendapatkan vaksin baik secara gratis maupun berbayar.

Baca Juga: Pemerintah UAE Setuju Untuk Berikan Vaksin Corona Pada Petugas Medis

Ia mencontohkan negara besar seperti Inggris yang berpenduduk 60 juta jiwa sudah mengamankan 200 juta vaksin.

Tentu kita tidak boleh tertinggal, karena itu kita agresif,” ujar Erick.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.