Kompas TV olahraga football inside

Andrea Pirlo Sah Jadi Pelatih Juventus

Selasa, 15 September 2020 | 05:08 WIB
andrea-pirlo-sah-jadi-pelatih-juventus
Pelatih anyar Juventus, Andrea Pirlo. (Sumber: Juventus.com)

TORINO, KOMPAS.TV- Andrea Pirlo akhirnya sah menjadi pelatih kepala Juventus, setelah memiliki lisensi yang dibutuhkan sebagai syarat menjadi seorang pelatih tim utama, di level Serie A dan Serie B Liga Italia.

Pada 9 Agustus lalu, Juventus membuat keputusan mengejutkan ketika menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih tim utama untuk menggantikan Maurizio Sarri yang dipecat. Namun penunjukan ini tidak serta merta membuat Pirlo langsung menjadi pelatih kepala. Dia harus mengantongi lisensi sebagai pelatih terlebih dulu.

Pirlo kemudian mengambil kursus UEFA Pro Licence di Coverciano pada Agustus 2019, yang dilaksanakan secara daring di tengah pandemi Covid 19. Kursus daring ini dilakoninya selama 240 jam. Dia harus menjalani ujian di hadapan beberapa penguji seperti Renzo Ulivieri (teknik dan taktik sepak bola), Feloce Accame (komunikasi), Isabella Croce (psikologi), Ferretto Fettetti (metodologi latihan) dan Maria Grazia Rubenni (medis).

Pirlo juga telah menyelesaikan tesis yang telah diajukan sejak 31 Agustus lalu. Tesis tersebut berjudul Il Mio Calcio (Sepak Bola Saya). Setelah melewati berbagai ujian dan menulis tesis tersebut, Pirlo kemudian dinyatakan lulus.

Pirlo akan resmi duduk di bangku pelatih Juventus saat “Si Nyonya Tua” menghadapi Sampdoria di Liga Italia pada 20 September mendatang.

Selain Pirlo, teman-teman seangkatannya sesama mantan pemain top juga dinyatakan lulus kursus sebagai pelatih. Mereka adalah Vincenzo Italiano, Paolo Montero, Daniele Bonera, Morgan De Sanctis dan Emiloano Bigica.

Sebelumnya, Pirlo ditunjuk sebagai pelatih Juvantus setelah Maurizio Sarri dipecat karena dianggap gagal membawa Juventus bersinar pada musim 2019-2020. Musim lalu, Juventus hanya mampu memenangkan trofi liga Italia.

Editor : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Di Parit

Minggu, 20 September 2020 | 03:33 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
05:46
ANTOINE GRIEZMANN ANTARKAN BARCELONA MENANG 1-0 ATAS ELCHE   GARETH BALE RESMI KEMBALI KE TOTTENHAM HOTSPUR   BACA BERITA KOMPAS.ID, BONUS E-BOOK GRAMEDIA DIGITAL. SEGERA AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKET DIGITAL   WEBINAR NARASI BRAND BERSAMA TARRENCE PALAR DAN HANDOKO HENDROYONO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   GUBERNUR JAWA TIMUR SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   IRLANDIA LAKUKAN PEMBATASAN DI DUBLIN SETELAH TERJADI PENINGKATAN KASUS POSITIF COVID-19   MENTERI LUHUT B PANDJAITAN TEGASKAN TENAGA KESEHATAN DIPRIORITAS TERTINGGI MENDAPAT VAKSIN COVID-19   MAROKO TEKEN KONTRAK PEMBELIAN VAKSIN COVID-19 DENGAN PERUSAHAAN FARMASI ASAL RUSIA R-PHARM   LPSK SIAP LINDUNGI SAKSI DALAM KASUS KEBAKARAN GEDUNG KEJAKSAAN AGUNG   PEMPROV RIAU SEDIAKAN FASILITAS ISOLASI UNTUK 1.521 PASIEN COVID-19 DENGAN GEJALA RINGAN DAN TANPA GEJALA   KETUA MPR MINTA KPU BERSINERGI DENGAN DUKCAPIL MEMVERIFIKASI DAN MEMUTAKHIRKAN DATA PEMILIH PADA PILKADA 2020   LPSK HARAP PEMERINTAH BENAHI PROSES PERIZINAN DALAM PEREKRUTAN & PENEMPATAN ANAK BUAH KAPAL (ABK)   PILKADA 2020, KETUA DPR MINTA KPU DAN BAWASLU SOSIALISASIKAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 SECARA RINCI DAN MASIF   KPU SIDOARJO, JATIM, SIAPKAN BILIK KHUSUS PEMILIH BERSUHU TUBUH DI ATAS 37,3 DERAJAT CELSIUS DI TPS