Kompas TV TALKSHOW rosi

Pesan Jakob Oetama: Melihat Indonesia Jangan Hanya Jakarta - ROSI

Selasa, 15 September 2020 | 00:49 WIB

Jakob Oetama dalam kenangan Wartawan Senior Kompas, Budiman Tanuredjo.

Jakob Oetama dan Keindonesiaan”

Jakob Oetama adalah legenda. Ia bukan hanya seorang wartawan senior, seorang pemimpin redaksi, pemimpin umum, bahkan pendiri dan pemilik Kompas. Namanya begitu besar sebagai seorang watawan, tapi gayanya sangat sederhana. Bagaimana Pak Jakob memotivasi wartawan-wartawan muda di Kompas untuk selalu menggugat, selalu kritis terhadap realitas-realitas yang ada.

Ia menyarankan kepada wartawan-wartawan muda untuk menengok Papua, menengok Aceh, menengok Flores. Dalam satu ruang redaksi, Pak Jakob mengatakan saya pernah ke Aceh, bagaimana kondisinya sekrarang.

Pak Jakob selalu mengatakan melihat Indonesia, jangan hanya melihat Jakarta. Melihat kemiskinan jangan hanya dari gedung-gedung mewah bertingkat. Turunlah ke lapangan berdialog dengan mereka. Mengapa kemiskinan masih ada, mengapa korupsi masih merajalela, padahal sistem pemerintahan sudah bergeser dari otokrasi ke demokrasi. Redaksi perlu menjawab mengapa semua itu terjadi.

Selengkapnya, hanya di dialog Rosianna Silalahi bersama M. Sobari (Budayawan), Putu Fajar Arcana (Wartawan Budaya Kompas), Budiman Tanuredjo (Wartawan Senior Kompas), Butet Kertarajasa (Seniman), Titiek Puspa (Seniman), Martin Aleida (Sastrawan) dan iringan musik dari Jubing Kristianto (Musisi) dalam Talkshow ROSI Episode Spesial “Terima Kasih Jakob Oetama”. Tayang 10 September 2020 WIB di Kompas TV Independen Tepercaya.

Jangan lewatkan dialog seru lainnya di program ROSI setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB hanya di @kompastv. Independen Tepercaya.

Dan follow akun Instagram talkshow ROSI @rosi_kompastv juga Twitter di @Rosi_KompasTV.

#RosiKompasTV #TalkshowRosi #Rosi #KompasTV #Talkshow

Penulis : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:30
MENDAGRI TITO KARNAVIAN DORONG KEPALA DAERAH SERIUS DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   MENAG FACHRUL RAZI BERHARAP FORUM ZAKAT DUNIA DAPAT BANTU MENYELESAIKAN KETIMPANGAN ANTARA NEGARA MUSLIM    MENAG FACHRUL RAZI TERBITKAN PANDUAN PENYELENGGARAAN KEGIATAN IBADAH DAN PERAYAAN NATAL DI MASA PANDEMI   MENTERI BUMN ERICK THOHIR: NEGARA AKAN MENJAMIN KEAMANAN POLIS ASURANSI PARA NASABAH ASURANSI JIWASRAYA   BENTENG VASTENBURG SOLO AKAN DIJADIKAN RUMAH KARANTINA BAGI PEMUDIK YANG NEKAT PULANG SAAT LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN   PEMKOT SOLO TUTUP SEMENTARA PASAR GEDE SISI TIMUR SELAMA SEPEKAN SETELAH 11 PEDAGANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19   IKATAN DOKTER INDONESIA: LIBUR BERSAMA BERPOTENSI PICU TERJADINYA KERUMUNAN DAN LONJAKAN PENULARAN COVID-19   PERLUDEM MEMINTA PEMERINTAH PERKUAT KOORDINASI MITIGASI POTENSI PENULARAN COVID-19 SAAT PILKADA SERENTAK 2020   WAPRES MA'RUF AMIN BERHARAP FORUM ZAKAT DUNIA DAPAT MEMBANTU PEMULIHAN EKONOMI DUNIA PASCA PANDEMI COVID-19   KASUS COVID-19 MENINGKAT, RSD WISMA ATLET KEMAYORAN KLAIM KAPASITAS TAMPUNG PASIEN DAPAT BERTAHAN HINGGA AKHIR 2020   BPBD: PENGUNGSIAN GUNUNG ILI LEWOTOLOK MENGUTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   WALI KOTA BEKASI AKAN TAMBAH TEMPAT TIDUR DI RUANG ISOLASI DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA   PRESIDEN: PEMERINTAH AKAN BERI SANTUNAN KEPADA KELUARGA KORBAN PEMBUNUHAN DAN TERORISME DI KABUPATEN SIGI, SULTENG    PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN TAK ADA TEMPAT UNTUK TERORISME DI INDONESIA