Kompas TV TALKSHOW rosi

Dari Butet Kertarajasa Untuk Jakob Oetama - ROSI

Selasa, 15 September 2020 | 00:45 WIB

Jakob Oetama dalam kenangan Seniman, Butet Kertarajasa.

“Makna ‘Baru’ Kepahlawanan”

Pak Jakob Oetama wafat dan hari ini beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kali Bata. Lalu orang bertanya kenapa Jakob Oetama mendadak jadi pahlawan. Sungguh pertanyaan yang ganjil dan bodoh. Orang-orang yang bertanya seperti itu masih membayangkan yang namanya pahlawan hanyalah orang-orang yang selalu ngangkat senjata. Orang-orang yang ngangkat senjata dan salah satu kebanggaannya, membunuh manusia.

Justru hari ini kita bersyukur setidaknya saya merasa bahagia ketika Indonesia sudah memaknai pahlawan bukan monopolinya orang-orang yang angkat senjata, tetapi mereka yang mengabdikan hidupnya untuk manusia, untuk kemanusiaan. Orang-orang sipil yang juga memuliakan manusia, yang setiap tarikan nafasnya hanya menghembuskan kebaikan-kebaikan.

Pak Jakob Oetama orang baik. Salah satu orang baik di negeri ini, yang menanamkan nilai-nilai kepahlawanan bukan dengan cara membunuh orang yang dianggap lawannya, tetapi dengan cara memuliakan manusia dan kemanusiaan. Dengan cara membikin melek dan cerdas orang-orang Indonesia dengan produk-produk jurnalismenya.

Selamat jalan Pak Jakob, terima kasih Pak Jakob telah menjadi tauladan bagi siapapun yang ingin berbuat baik di dunia ini.

Selengkapnya, hanya di dialog Rosianna Silalahi bersama M. Sobari (Budayawan), Putu Fajar Arcana (Wartawan Budaya Kompas), Budiman Tanuredjo (Wartawan Senior Kompas), Butet Kertarajasa (Seniman), Titiek Puspa (Seniman), Martin Aleida (Sastrawan) dan iringan musik dari Jubing Kristianto (Musisi) dalam Talkshow ROSI Episode Spesial “Terima Kasih Jakob Oetama”. Tayang 10 September 2020 WIB di Kompas TV Independen Tepercaya.

Jangan lewatkan dialog seru lainnya di program ROSI setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB hanya di @kompastv. Independen Tepercaya.

Dan follow akun Instagram talkshow ROSI @rosi_kompastv juga Twitter di @Rosi_KompasTV.

#RosiKompasTV #TalkshowRosi #Rosi #KompasTV #Talkshow

Penulis : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:55
MENDAGRI TITO KARNAVIAN DORONG KEPALA DAERAH SERIUS DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   MENAG FACHRUL RAZI BERHARAP FORUM ZAKAT DUNIA DAPAT BANTU MENYELESAIKAN KETIMPANGAN ANTARA NEGARA MUSLIM    MENAG FACHRUL RAZI TERBITKAN PANDUAN PENYELENGGARAAN KEGIATAN IBADAH DAN PERAYAAN NATAL DI MASA PANDEMI   MENTERI BUMN ERICK THOHIR: NEGARA AKAN MENJAMIN KEAMANAN POLIS ASURANSI PARA NASABAH ASURANSI JIWASRAYA   BENTENG VASTENBURG SOLO AKAN DIJADIKAN RUMAH KARANTINA BAGI PEMUDIK YANG NEKAT PULANG SAAT LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN   PEMKOT SOLO TUTUP SEMENTARA PASAR GEDE SISI TIMUR SELAMA SEPEKAN SETELAH 11 PEDAGANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19   IKATAN DOKTER INDONESIA: LIBUR BERSAMA BERPOTENSI PICU TERJADINYA KERUMUNAN DAN LONJAKAN PENULARAN COVID-19   PERLUDEM MEMINTA PEMERINTAH PERKUAT KOORDINASI MITIGASI POTENSI PENULARAN COVID-19 SAAT PILKADA SERENTAK 2020   WAPRES MA'RUF AMIN BERHARAP FORUM ZAKAT DUNIA DAPAT MEMBANTU PEMULIHAN EKONOMI DUNIA PASCA PANDEMI COVID-19   KASUS COVID-19 MENINGKAT, RSD WISMA ATLET KEMAYORAN KLAIM KAPASITAS TAMPUNG PASIEN DAPAT BERTAHAN HINGGA AKHIR 2020   BPBD: PENGUNGSIAN GUNUNG ILI LEWOTOLOK MENGUTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   WALI KOTA BEKASI AKAN TAMBAH TEMPAT TIDUR DI RUANG ISOLASI DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA   PRESIDEN: PEMERINTAH AKAN BERI SANTUNAN KEPADA KELUARGA KORBAN PEMBUNUHAN DAN TERORISME DI KABUPATEN SIGI, SULTENG    PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN TAK ADA TEMPAT UNTUK TERORISME DI INDONESIA