Kompas TV TALKSHOW rosi

Komitmen Cinta Jakob Oetama Pada Seni & Budaya - ROSI

Selasa, 15 September 2020 | 00:43 WIB

Jakob Oetama dalam kenangan Wartawan Budaya Kompas, Putu Fajar Arcana.

“Sumur Tua Berlimpah Harapan”

Kalau harus berumpama, Jakob Oetama adalah sumur tua kebudayaan yang berlimpah harapan. Setiap kali kita menimba, wadah kita selalu ditaburi air bening yang menjanjikan kehidupan baik, di masa yang datang. Air bening itu berasal dari senyawa tradasi, ilmu niteni ala jawa dengan pengetahuan rasional dari barat.

Keduanya lalu berpadu menjadi institusi yang kau kenal dengan Bentara Budaya. Dengan demikian, Bentara Budaya sejak tahun 1980-an tumbuh di Yogyakarta menjadi sumur-sumur kebudayaan di setiap kota, di setiap insan kebudayaan Indonesia. Tapi kau mungkin bertanya-tanya mengapa seorang jurnalis yang memimpin media besar harus beringsut mengurusi soal-soal kebudayaan.

Kebudayaan adalah inti dari jiwa sebuah bangsa. Dengan memahami kebudayaan, berarti kau memahami jiwa sebuah bangsa. Jakob Oetama paham benar bahwa jika jurnalistik selalu melaporkan dan menggali hal-hal yang faktual, kapan ia memberi tempat kepada orang-orang kecil dipinggiran, yang justru secara telaten merawat nilai-nilai kebudayaan dan kemanusiaan.

Selengkapnya, hanya di dialog Rosianna Silalahi bersama M. Sobari (Budayawan), Putu Fajar Arcana (Wartawan Budaya Kompas), Budiman Tanuredjo (Wartawan Senior Kompas), Butet Kertarajasa (Seniman), Titiek Puspa (Seniman), Martin Aleida (Sastrawan) dan iringan music dari Jubing Kristianto (Musisi) dalam Talkshow ROSI Episode Spesial “Terima Kasih Jakob Oetama”. Tayang 10 September 2020 WIB di Kompas TV Independen Tepercaya.

Jangan lewatkan dialog seru lainnya di program ROSI setiap hari Kamis pukul 20.00 WIB hanya di @kompastv. Independen Tepercaya.

Dan follow akun Instagram talkshow ROSI @rosi_kompastv juga Twitter di @Rosi_KompasTV.

#RosiKompasTV #TalkshowRosi #Rosi #KompasTV #Talkshow

Editor : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Di Parit

Minggu, 20 September 2020 | 03:33 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
03:52
PEMKOT SURAKARTA RENOVASI BERTAHAP LAPANGAN PENDUKUNG UNTUK LATIHAN TIM PESERTA PIALA DUNIA U-20 PADA 2021   BEA CUKAI KANWIL BANTEN SITA 3,32 JUTA BATANG ROKOK ILEGAL   GUGUS TUGAS COVID-19 SURABAYA: MASKER SCUBA TAK EFEKTIF MENANGKAL PENYEBARAN COVID-19   PEMKOT SURABAYA IMBAU WARGA TAK PAKAI MASKER SCUBA   GUBERNUR JAWA TIMUR SIAPKAN PEMBENTUKAN RUMAH SAKIT LAPANGAN DI MALANG   ANTISIPASI LONJAKAN KASUS KORONA, MENKES MINTA PEMDA SIAPKAN PENDIRIAN RUMAH SAKIT LAPANGAN   KETUM PARTAI GERINDRA PRABOWO SUBIANTO TUNJUK SUFMI DASCO AHMAD SEBAGAI KETUA HARIAN DPP PERIODE 2020-2025   MENHUB SEBUT SUBSIDI TRANSPORTASI BERBASIS BUS DENGAN SKEMA "BUY THE SERVICE" AKAN BERSIFAT "MULTIYEARS"   MENHUB AJAK SWASTA BERINVESTASI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR   PEMPROV SUMSEL: JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA MERUPAKAN INFRASTRUKTUR PENGHUBUNG PROVINSI SUMSEL DAN BABEL   PEMPROV SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG SEPAKATI LOKASI JEMBATAN BAHTERA SRIWIJAYA   KPU KALIMANTAN SELATAN INGATKAN PASLON PERKUAT KAMPANYE DARING   KPU MAMUJU, SULAWESI BARAT, MINTA MASYARAKAT PEMILIH TIDAK JUAL SUARA PADA PILKADA 2020   DORONG PENGEMBANGAN SAPI UNGGUL, MENTAN BERENCANA PERBANYAK BALAI EMBRIO