Kompas TV kolom catatan jurnalis

Siasat Melepas Pandemi Covid-19

Senin, 14 September 2020 | 19:00 WIB
siasat-melepas-pandemi-covid-19
Ilustrasi sejumlah pekerja menggunakan masker berjalan kaki setelah meninggalkan perkantorannya di Jakarta, Rabu (29/7/2020). (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Oleh: Aiman Witjaksono (Produser Eksekutif KompasTV/Host Sapa Indonesia Malam dan AIMAN)

IHSG turun saat Gubernur DKI Jakarta mengumumkan menginjak rem darurat, kembali ke PSBB pada Kamis (10/9/2020), meski sehari setelahnya naik kembali melewati angka Psikologis.

Kembali ke PSBB bukan bicara soal kesehatan versus ekonomi. Namun, ini bicara keselamatan yang berdampak pada keduanya, kesehatan dan ekonomi. Pertanyaannya, tepatkah?

Sebelum membahas ini, saya ingin mengungkapkan sedikit soal gambaran yang saya peroleh dari Akonomi Indonesia.

Baca Juga: Mengukur Efektivitas PSBB Jakarta Jilid 2 dari Aspek Pemerintah, Ekonomi dan Kesehatan

Indonesia Kini Mundur 11 Tahun, Benarkah?

Saya mencoba mencari tahu soal ini. Data ini memang tidak untuk semua sektor kehidupan penduduk. Memang ada parameter, dua hal yang menjadi titik krusial indikator ekonomi, jumlah penduduk miskin dan pengangguran terbuka. Saya jabarkan!

Penulis : Desy Hartini

1
2
3
4
5
6



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:50
MENDAGRI TITO KARNAVIAN DORONG KEPALA DAERAH SERIUS DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   MENAG FACHRUL RAZI BERHARAP FORUM ZAKAT DUNIA DAPAT BANTU MENYELESAIKAN KETIMPANGAN ANTARA NEGARA MUSLIM    MENAG FACHRUL RAZI TERBITKAN PANDUAN PENYELENGGARAAN KEGIATAN IBADAH DAN PERAYAAN NATAL DI MASA PANDEMI   MENTERI BUMN ERICK THOHIR: NEGARA AKAN MENJAMIN KEAMANAN POLIS ASURANSI PARA NASABAH ASURANSI JIWASRAYA   BENTENG VASTENBURG SOLO AKAN DIJADIKAN RUMAH KARANTINA BAGI PEMUDIK YANG NEKAT PULANG SAAT LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN   PEMKOT SOLO TUTUP SEMENTARA PASAR GEDE SISI TIMUR SELAMA SEPEKAN SETELAH 11 PEDAGANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19   IKATAN DOKTER INDONESIA: LIBUR BERSAMA BERPOTENSI PICU TERJADINYA KERUMUNAN DAN LONJAKAN PENULARAN COVID-19   PERLUDEM MEMINTA PEMERINTAH PERKUAT KOORDINASI MITIGASI POTENSI PENULARAN COVID-19 SAAT PILKADA SERENTAK 2020   WAPRES MA'RUF AMIN BERHARAP FORUM ZAKAT DUNIA DAPAT MEMBANTU PEMULIHAN EKONOMI DUNIA PASCA PANDEMI COVID-19   KASUS COVID-19 MENINGKAT, RSD WISMA ATLET KEMAYORAN KLAIM KAPASITAS TAMPUNG PASIEN DAPAT BERTAHAN HINGGA AKHIR 2020   BPBD: PENGUNGSIAN GUNUNG ILI LEWOTOLOK MENGUTAMAKAN PROTOKOL KESEHATAN UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   WALI KOTA BEKASI AKAN TAMBAH TEMPAT TIDUR DI RUANG ISOLASI DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA   PRESIDEN: PEMERINTAH AKAN BERI SANTUNAN KEPADA KELUARGA KORBAN PEMBUNUHAN DAN TERORISME DI KABUPATEN SIGI, SULTENG    PRESIDEN JOKOWI TEGASKAN TAK ADA TEMPAT UNTUK TERORISME DI INDONESIA