Kompas TV regional berita daerah

Houseplant Jadi Hobi Baru Masyarakat di Saat Pandemi

Kompas.tv - 12 September 2020, 17:38 WIB
Penulis : KompasTV Jember

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pandemi memunculkan tren hobi baru di tengah masyarakat. Salah satunya houseplant atau tanaman dalam ruangan. Momen tersebut pun mendatangkan berkah tersendiri bagi petani houseplant, karena pendapatan meningkat hingga 70 persen.

Di tengah seruan di rumah saja di saat pandemi covid-19 rupanya memunculkan hobi baru untuk menghilangkan kejenuhan, yakni bercocok tanam di dalam ruangan. Kebanyakan orang menyebut hobi tersebut adalah houseplant.

Houseplant kini menjadi primadona, karena selain dapat memperindah suasana rumah, perawatannya juga mudah. Tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, bisa disiram air 3 hari sekali dan ukurannya minimalis sehingga tidak memakan banyak tempat.

Ada 3 jenis houseplant yang laku keras di pasaran, yakni jenis sansivera, aglonema dan kaktus. Dari 3 jenis tersebut, sansivera menjadi yang paling laris diburu. Karena perawatannya mudah dan bisa menyerap radiasi alat elektronik serta polusi, seperti asap rokok.

Baca Juga: Hobi Budidaya Tanaman Aglonema Jadi Hoki

Salah satu petani tanaman ruangan, yakni Fathiyah Amieni, mengaku ketiban untung dengan munculnya hobi baru di tengan pandemi tersebut. Karena banyak warga membeli koleksi tanaman hiasnya. Omzet yang didapat meningkat hingga 70 persen dibandingkan hari biasanya.

Baca Juga: Usaha Tanaman Hias Terrarium Bunga Kaktus

Fathiyah mengembangbiakkan houseplant bersama suami dan rekan-rekannya di halaman belakang rumahnya.

Dalam sehari, ia menerima belasan pesanan tanaman hias dengan harga berkisar 15 ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung jenis dan kelangkaan tanaman.

 

#Houseplant #TanamanHias #TanamanRuangan #HobiSaatPandemi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x