Kompas TV olahraga kompas sport

Tim Bulu Tangkis Indonesia Mundur dari Piala Thomas dan Uber, Ini Alasannya

Kompas.tv - 12 September 2020, 09:22 WIB
tim-bulu-tangkis-indonesia-mundur-dari-piala-thomas-dan-uber-ini-alasannya
Logo PBSI (Sumber: KOMPAS.TV)
Penulis : Haryo Jati

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim bulu tangkis Indonesia akhirnya memutuskan mundur dari ajang Piala Thomas dan Uber 2020.

Padahal ajang ini rencananya akan digelar di Aarhus, Denmark, 3 hingga 11 Oktober nanti.

PBSI mengungkapkan ada dua alasan yang menjadi dasar keputusan untuk mundur dari dua ajang beregu tersebut.

Baca Juga: Branislav Ivanovic Akan Kembali ke Premier League, Ini Klub Tujuannya

Yang pertama adalah rasa khawatir dari para atlet akan terpapar Covid-19, baik dalam perjalanan di tempat transit atau di arena pertandingan.

Selanjutnya, karena tidak ada jaminan dari BWF, jika ada anggota tim yang terpapar Covid-19, siapa yang akan bertanggung dan bagaimana penanganannya.

Hal itu yang kemudian membuat Sekjen PBSI, Achmad Budiharto dan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti memutuskan mundur menjadi jalan yang terbaik.

“Tim Indonesia dipastikan mundur dari Piala Thomas & Uber 2020, kami sudah mengirim surat ke Menpora dan akan segera mengirim pernyataan tertulis ke BWF mengenai hal ini. Keputusan ini diambil setelah kami berdiskusi dengan para atlet dan tim ofisial,” kata Budiharto di laman resmi PBSI.

“Kalau ditarik dari awal, semuanya semangat karena melihat kesempatan yang begitu besar. Tapi, dalam perjalanan waktu dan mencermati perkembangan Covid-19 yang belum terselesaikan, baik di Indonesia maupun di negara lain, menimbulkan keraguan para atlet,” tambahnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-19 Tahan Imbang Arab Saudi, Shin Tae-Yong Akui Banyak yang Harus Diperbaiki

Budiharto mengungkapkan para pemain menyampaikan secara langsung keraguan mereka untuk terus bertanding di ajang itu.

Dengan memutuskan mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020, dapat dipastikan pemain Indonesia juga tak akan tampil di ajang Denmark Open I dan Denmark Open II.

Indonesia pun menjadi tim kelima yang mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020, setelah Australia, Taiwan, Thailand dan Korea.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.