Kompas TV nasional peristiwa

Bayi di Medan Diberi Nama Jakob Oetama di Hari Wafatnya Pendiri Kompas Gramedia

Kamis, 10 September 2020 | 10:39 WIB
bayi-di-medan-diberi-nama-jakob-oetama-di-hari-wafatnya-pendiri-kompas-gramedia
Bayi di Medan Diberi Nama Jakob Oetama di Hari Wafatnya Pendiri Kompas Gramedia (Sumber: Kolase Facebook Sorang Tumanggor/Tribunnews Dany Permana)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kelahiran bayi laki-laki ini bertepatan dengan berpulangnya Tokoh Pers Indonesia, Jakob Oetama, pada Rabu (9/9/2020).

Bayi Jakob Oetama lahir pukul 16.00 WIB di Puskesmas Hutagalung, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbanghasundutan, Sumatera Utara, setelah menjalani proses persalinan sejak pukul 12.00 WIB. Ayah dari bayi ini bernama Hanson Tumanggor dan ibunya bernama Devi Lestari Barasa.

Ompung sang anak, Sorang Tumanggor, menyebut pemberian nama Jakob Oetama menjadi bentuk dedikasi dan salute kepada sosok pendiri Kompas Gramedia dan Pimpinan Umum Harian Kompas. Tumanggor menyebut pak JO sosok yang sederhana dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

"Kami sekeluarga sangat mengagumi beliau, seorang tokoh pers dan menerapkan budaya menghargai kemanusiaan. Kami pun mencoba menerapkan semangat memanusiakan manusia itu dalam keluarga besar kami. Karena itu, kepada cucu pertama ini diberikan nama Jakob Oetama, dan berharap anak ini kelak bisa jadi contoh seperti beliau," kata Tumanggor.

Baca Juga: Melihat Jejak Karir Sang Kompas Jakob Oetama

Kelak Tumanggor berharap cucunya bisa seperti sosok pak Jakob Oetama, dengan semangatnya yang 'memanusiakan manusia'.

Tumanggor menceritakan, bahwa dirinya pernah magang di penerbitan Gramedia Pustaka Utama di Palmerah, sebagai editor pada tahun 1999. Di sana, dia berkesempatan bisa bertemu langsung dengan sosok Jakob Oetama.

Editor : Dian Septina

1
2



BERITA LAINNYA


Peristiwa

Tabrak Pohon, Truk Terguling ke Sawah

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 23:40 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
07:55
WHO GELAR PERTEMUAN INTERNASIONAL DENGAN SEJUMLAH AHLI DAN PAKAR UNTUK SELIDIKI ASAL MULA PENYEBARAN KORONA   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA TAK LENGAH TEGAKKAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN DI TENGAH PANDEMI   SIANG INI, POLRES BOGOR BERLAKUKAN SISTEM SATU ARAH DI JALUR PUNCAK GUNA ANTISIPASI ARUS BALIK LIBUR PANJANG   DKI JAKARTA TERPILIH SEBAGAI KOTA TERBAIK DI DUNIA DALAM SUSTAINABLE TRANSPORT AWARD 2021   INDONESIA JADI TUAN RUMAH UNTUK KUALIFIKASI NOMOR KANO OLIMPIADE TOKYO   DUBAI AKAN MEMBUAT 12 PANTAI BUATAN BARU DAN SEJUMLAH RUANG HIJAU DENGAN LUAS 8 JUTA METER PERSEGI   ORGANISASI PARIWISATA DUNIA (WTO) PERKIRAKAN PARIWISATA GLOBAL AKAN PULIH PADA KUARTAL KETIGA 2021   SINGAPURA TERIMA WISATAWAN TIONGKOK MULAI 6 NOVEMBER 2020   MENHUB BUDI KARYA SUMADI JANJI BERI SOLUSI UNTUK NELAYAN YANG TERDAMPAK DARI PEMBANGUNAN PELABUHAN PATIMBAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI PASTIKAN PELABUHAN PATIMBAN DI SUBANG BEROPERASI TERBATAS PADA AKHIR NOVEMBER 2020   MULAI NOVEMBER 2020, PT KAI DAOP IX JEMBER TAMBAH OPERASIONAL KERETA API SEIRING DENGAN PENINGKATAN PENUMPANG   KEMENTERIAN PERTANIAN SIAPKAN PROGRAM NASIONAL SEBAGAI LANGKAH ANTISIPASI DAMPAK LA NINA   PEMERINTAH SEBUT BANYAKNYA HOAKS JADI HAMBATAN PELAKSANAAN PROSES VAKSINASI KORONA   PRESIDEN JOKOWI AJAK MASYARAKAT INDONESIA UNTUK HIDUPKAN KEMBALI BUDAYA TANGGUH BENCANA DALAM MENGHADAPI PANDEMI