Kompas TV nasional peristiwa

Bayi di Medan Diberi Nama Jakob Oetama di Hari Wafatnya Pendiri Kompas Gramedia

Kompas.tv - 10 September 2020, 10:39 WIB
bayi-di-medan-diberi-nama-jakob-oetama-di-hari-wafatnya-pendiri-kompas-gramedia
Bayi di Medan Diberi Nama Jakob Oetama di Hari Wafatnya Pendiri Kompas Gramedia (Sumber: Kolase Facebook Sorang Tumanggor/Tribunnews Dany Permana)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kelahiran bayi laki-laki ini bertepatan dengan berpulangnya Tokoh Pers Indonesia, Jakob Oetama, pada Rabu (9/9/2020).

Bayi Jakob Oetama lahir pukul 16.00 WIB di Puskesmas Hutagalung, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbanghasundutan, Sumatera Utara, setelah menjalani proses persalinan sejak pukul 12.00 WIB. Ayah dari bayi ini bernama Hanson Tumanggor dan ibunya bernama Devi Lestari Barasa.

Ompung sang anak, Sorang Tumanggor, menyebut pemberian nama Jakob Oetama menjadi bentuk dedikasi dan salute kepada sosok pendiri Kompas Gramedia dan Pimpinan Umum Harian Kompas. Tumanggor menyebut pak JO sosok yang sederhana dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

"Kami sekeluarga sangat mengagumi beliau, seorang tokoh pers dan menerapkan budaya menghargai kemanusiaan. Kami pun mencoba menerapkan semangat memanusiakan manusia itu dalam keluarga besar kami. Karena itu, kepada cucu pertama ini diberikan nama Jakob Oetama, dan berharap anak ini kelak bisa jadi contoh seperti beliau," kata Tumanggor.

Baca Juga: Melihat Jejak Karir Sang Kompas Jakob Oetama

Kelak Tumanggor berharap cucunya bisa seperti sosok pak Jakob Oetama, dengan semangatnya yang 'memanusiakan manusia'.

Tumanggor menceritakan, bahwa dirinya pernah magang di penerbitan Gramedia Pustaka Utama di Palmerah, sebagai editor pada tahun 1999. Di sana, dia berkesempatan bisa bertemu langsung dengan sosok Jakob Oetama.

Meski tidak sempat mengobrol, tapi pengalaman bertemu dan bersalaman dengan Jakob Oetama yang sudah dikaguminya sejak masih SMA, membuatnya sangat senang.

Seperti diketahui, pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (9/9/2020). Jakob Oetama wafat diusia 88 tahun karena menderita gangguan multiorgan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.