Kompas TV nasional peristiwa

Penghormatan Jenazah Jakob Oetama hingga Pukul 09.00 WIB, lalu Serah Terima ke Negara

Kompas.tv - 10 September 2020, 07:50 WIB
penghormatan-jenazah-jakob-oetama-hingga-pukul-09-00-wib-lalu-serah-terima-ke-negara
Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, saat difoto di ruang kerjanya di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (27/9/2016). Jakob Oetama meninggal dunia dalam usia 88 tahun, Rabu (9/9/2020). (Sumber: KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jenazah Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama saat ini disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Kamis (10/9/2020).

Laporan reporter Kompas TV di lapangan mengatakan, hingga pagi ini pukl 07.40 WIB, sejumlah pelayat masih terus berdatangan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga: Sejumlah Tokoh Beri Penghormatan Terakhir pada Jakob Oetama

Masyarakat maupun karyawan Kompas Gramedia Group yang ingin memberikan penghormatan terakhir juga mendoakan Jakob Oetama diberi kesempatan hingga pukul 09.00 WIB, Kamis (10/9/2020).

Setelah itu akan ada proses sterilisasi untuk kemudian dilakukan Misa hingga pukul 10.30 WIB.

Selanjutnya, jenazah Jakob Oetama akan diserahkan kepada negara untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Utama Nasional (TMPUN) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020) siang.

Upacara serah terima ke negara akan berlangsung sekitar pukul 10.30 sampai 11.00 WIB.

Persiapan dan perjalanan menuju TMP Kalibata pukul 11.00 hingga 11.30 WIB. Sementara upacara pemakaman dilakukan pukul 12.00 sampai dengan selesai.

Penyerahan jenazah akan dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo sementara upacara pemakaman dipimpin Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla.

Baca Juga: Sosok Jakob Oetama di Mata Mantan Wapres Jusuf Kalla

Diketahui, Jakob Oetama tutup usia pada umur 88 tahun di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Jakob Oetama sempat dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading sejak 22 Agustus 2020. Ia masuk rumah sakit dalam keadaan kritis dan mengalami gangguan multiorgan.

Jakob wafat karena megalami gangguan multiorgan. Usia sepuh kemudian memperparah kondisi Jakob hingga akhirnya menghembuskan napas terakhir.

Baca Juga: Jenazah Jakob Oetama Tiba di Gedung Kompas Gramedia, Masyarakat dan Karyawan Beri Penghormatan

Sejak kemarin malam, sejumlah pejabat dan tokoh nasional berdatangan ke Gedung Kompas Gramedia untuk memberi penghormatan terakhir kepada jenazah Jakob Oetama.

Di antaranya, Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, pengusaha Chairul Tanjung, politikus Rizal Ramli, Rohaniawan Romo Mudji Sutrisno.

Kemudian Mantan Ketua Umum PP Muhammadyah Din Sayamsuddin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel.

Baca Juga: Anies Baswedan Melayat Jenazah Jakob Oetama di Gedung Kompas Gramedia

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.